Siswa Kota Yogya Lolos Seleksi Paskibraka Nasional

Salah satu putri terbaik Kota Yogyakarta, Ghania Taufiqa Salma Wibowo (16) siswa SMA N 8 Yogyakarta berhasil lolos seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta. Salma akan bertugas pada  upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Warga Kemantren Mantrijeron ini menjelaskan dirinya memiliki ketertarikan dengan Paskibraka sejak masih kecil. “Selain menjadi kebanggan orang tua dan keluarga, dari kecil saya sudah tertarik dengan Paskibraka ditambah saudara sepupu yang juga Paskibraka membuat keinginan semakin kuat,” jelas Salma di Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta dalam acara Jumpa Pers, Selasa (12/7).

Putri pasangan Setyo Wibowo dan Setyawati ini mengikuti seleksi secara bertahap sejak Februari lalu dimulai dari tingkat sekolah, Kota Yogyakarta, Provinsi hingga Nasional. Beberapa tahap seleksi yang dilalui antara lain pemberkasan, seleksi postur tubuh, kesamaptaan dan jasmani serta wawancara.

“Selama proses seleksi, momen yang tidak terlupakan yaitu ketika bertemu teman-teman baru. Proses seleksi yang berjenjang ini membuat saya bisa menambah relasi dengan bertemu banyak teman dari daerah lain,” ujarnya.

Siswa yang bercita-cita bergabung Akademi Kepolisian (Akpol) juga dikenal sebagai atlet tenis lapangan. Salma telah memenangkan 45 Kejuaraan Tenis Lapangan Tahun 2015-2022 di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan Internasional, salah satunya sebagai Finalist International Junior Tennis Championship 2016, 2017 dan 2018.

“Perasaan terpilih menjadi perwakilan Yogyakarta tentunya bangga dan senang, meskipun begitu kadang juga merasa lelah dan jenuh. Namun menjadi seorang Paskibraka impian sejak kecil membuat terus semangat dan memberikan yang terbaik. Saya meyakini segala sesuatu yang saya jalani saat ini dengan baik tentu akan membuahkan hasil yang baik juga di masa depan,” tambahnya.

Salma berharap dengan menunjukan kemampuannya yang terbaik bisa mewujudkankan cita-citanya membawa baki bendera pusaka saat Upacara Kemerdekaan RI di Istana Merdeka nanti.  (Chi)