Kepala ANRI Minta Kearsipan di Kota Yogya Jadi Contoh Daerah Lain

Yogya – Sebagai Kota yang menerima Penghargaan Kearsipan Nasional dalam Pengawasan dan Penyelenggaraan Kearsipan Tahun 2021, Kota Yogya bisa menjadi contoh dan pemantik Kota dan Kabupaten lain untuk menjadi yang terbaik dalam penyelenggaraan kearsipan. Hal ini disampaikan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto pada Kamis (14/7) dalam kunjungan kerjanya ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.

Imam Gunarto menyampaikan bahwa kunjungan ANRI tersebut dalam rangka mendorong penyelenggaraan kearsipan yang baik. Sebab penyelenggaraan kearsipan merupakan urusan wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap daerah.

“Penyelenggaraan kearsipan yang baik tentunya akan menjamin tertib arsip dalam rangka percepatan reformasi birokrasi, pelaksanaan transformasi digital sistem pemerintahan, serta penyelamatan memori kolektif daerah dan memori kolektif bangsa,” jelasnya.

Selain itu Imam Gunarto menambahkan, maksud kunjungannya juga bertujuan untuk memberikan lagi penguatan agar penyelenggaraan kearsipan di Kota Yogya makin baik lagi. Serta memastikan program- program yang terkait dengan memori kolektif bangsa untuk menyelamatkan arsip-arsip bersejarah di Kota Yogya yang sangat bersejarah ini berjalan dengan baik.

“Karena Kota Yogya sudah jadi nomor satu dengan hasil penilaian Sangat Memuaskan, maka harapannya Kota dan Kabupaten lain termotivasi untuk bisa menjadi seperti Kota Yogya dan bahkan bisa menyalip. Supaya setiap penyelenggaraan kearsipan di seluruh Indonesia bisa merata, sama-sama dalam kondisi yang baik,” tambahnya.

Kunjungan Kepala ANRI beserta jajarannya disambut secara langsung oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi di Ruang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Dalam sambutannya Sumadi menyampaikan, harapannya dari pertemuan kali ini dapat memberikan manfaat serta motivasi dalam penyelenggaraan kearsipan di Kota Yogya supaya konsisten terus menjadi yang terbaik.

“Penghargaan yang Kota Yogya terima perihal kearsipan ini bukanlah akhir dari tujuan kami, justru hal tersebut adalah awal bagaimana kami bisa melestarikan arsip-arsip penting dan bersejarah di Kota Yogya,” ujarnya.

Sumadi juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta berupaya bagaimana arsip yang berharga di Kota Yogya bisa dipublikasikan di media yang cakupannya lebih luas. Tujuannya supaya masyarakat dari setiap generasi bisa mengetahui nilai dan sejarah penting yang pernah terjadi di Kota Yogya. (Jul)