Perpustakaan Kota Yogyakarta Raih Penghargaan

 

 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta mendapat apresiasi Perpustakaan Kab/Kota Terbaik se-DIY dalam capaian program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) Tahun 2022 yang sudah diinputkan pada SIM TPBIS  Perpustakaan Nasional RI. Selain itu DPK Kota Yogyakarta juga meraih Perpustakaan Kab/Kota dengan Stand pameran terbaik dari hasil literasi terapan di Kampung Baca dan kegiatan perpustakaan lainnya.

Penghargaan perpustakaan terbaik ini diukur dari capaian kegiatan yang telah diinputkan dalam SIM TPBIS terdiri dari Peningkatan Layanan Informasi, kegiatan Pelibatan Masyarakat, Promosi, Advokasi/Kemitraan dan Replikasi.

Sedangkan pada penghargaan stand pameran mini lapak terbaik yang diunggulkan adalah hasil literasi terapan dari kampung baca seperti olahan makanan, batik dan hasil kriya lainnya. Hakikatnya dari literasi terapan sendiri, membaca dapat menghasilkan karya dan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat yang sejalan dengan tujuan TPBIS.

Penghargaan ini diberikan pada saat kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI di Hotel Grand Inna Malioboro pada tanggal 12-14 Juli 2022. 

Pustakawan Muda DPK Kota Yogyakarta Sri Anik Lestari mengatakan, dalam kesempatan tersebut penghargaan yang diberikan dikhususkan bagi peserta yang dipandang dapat mempersiapkan lapak dengan baik sebagai bukti kegiatan yang diselenggarakan. 

"Melalui kegiatan PLM provinsi ini, harapannya DPK Kota Yogyakarta dapat belajar dari kegiatan perpustakaan lain terutama kegiatan yang belum dan dapat dilaksanakan di DPK Kota Yogyakarta. Prestasi ini sebagai motivasi untuk semakin mengembangkan perpustakaan  lebih baik lagi," jelasnya.

Sementara Kabid Pengembangan Bahan Pustaka, Pembinaan Perpustakaan, Data dan Sistem Informasi DPK Kota Yogyakarta Tedi Saparian mengungkapkan, stand pameran ini dilengkapi dengan dokumentasi foto-foto kegiatan yang telah dilaksanakan selama bulan Januari - Juli 2022. Sebab DPK Kota Yogyakarta menjadi mitra dengan Perpustakaan Nasional RI terkait program TPBIS baru di tahun 2022.

"Terimakasih kepada semua pihak, semoga capaian ini menjadi motivasi kami untuk meningkatkan layanan dan berkegiatan untuk masyarakat," ujarnya. (Hes)