Pemkot Yogya Berikan Beasiswa Prestasi Pemilik Nilai ASPD Terbaik

 


Umbulharjo - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta melalui UPT Jaminan Pendidikan Daerah memberikan beasiswa prestasi bagi siswa dari keluarga pemegang KMS maupun non KMS yang memiliki nilai Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) terbaik di Kelurahan masing-masing. Beasiswa diberikan kepada  lulusan berprestasi pada jenjang Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahun Ajaran 2021/2022.

Kepala UPT Jaminan Pendidikan Daerah Dindikpora Kota Yogya Manarima mengatakan, program ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat peserta didik dari keluarga pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) maupun yang bukan pemegang KMS. 

"Pemberian beasiswa berprestasi ini diberikan kepada siswa sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki nilai Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) terbaik di Kelurahan masing-masing dalam rangka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," ujarnya.

Manarima mengungkapkan, syarat pengajuan beasiswa prestasi ini berasal dari keluarga pemegang KMS maupun bukan pemegang KMS, peserta didik terdaftar dalam kartu keluarga/ C1 Kota Yogyakarta dan status sebagai anak atau cucu, siswa memiliki nilai ASPD tertinggi peringkat satu dan dua pada masing-masing kelurahan.

Penerimaan beasiswa prestasi di masing-masing kelurahan ini pengumpulan berkas mulai 11 Juli  hingga 5 Agustus 2022. Nantinya pengumuman hasil seleksi diberikan pada tanggal 10 Agustus 2022. 

Lanjutnya, masa sanggah akan dilakukan pada 10-12 Agustus 2022 dan pengumuman penerimaan beasiswa prestasi diberikan pada tanggal 15 Agustus 2022. Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain fotokopi nilai ASPD yang dilegisir sekolah, fotocopy KK/C1 Kota Yogyakarta, fotocopy KMS bagi pemegang KMS.

"Nantinya penerima beasiswa diberikan kepada delapan siswa jenjang SD/MI ataupun SMP/MTs di masing-masing kelurahan. Hingga saat ini berkas sudah terkumpul sebanyak 400 siswa Kota Yogyakarta yang mendaftarkan dirinya dalam beasiswa berprestasi," jelasnya.

Untuk nominal beasiswa yang diberikan lulusan SD/MI pemegang KMS Peringkat I ASPD Rp 1,2 juta dan Peringkat II ASPD Rp 1 juta. Sedangkan non KMS Peringkat I ASPD Rp 1,4 juta dan Peringkat II ASPD Rp 1,2 juta. 

Selanjutnya pada jenjang SMP/MTs pemegang KMS Peringkat I ASPD Rp 1,4 juta dan Peringkat II ASPD Rp 1,2 juta. Sedangkan non KMS Peringkat I ASPD Rp 1,4 juta dan Peringkat II ASPD Rp 1,2 juta. 

"Tahun lalu tidak semua kategori terpenuhi karena minimnya informasi yang diberikan atau tidak ada yang masuk dalam kategori di wilayah tersebut. Ia berharap tahun ini lebih optimal dan harapannya para orang tua murid bisa mengajak putra SD ataupun SMP mengikut sertakan untuk mendapatkan pendidikan prestasi. Selain itu," ujarnya. (Hes)