Mantrijeron Juara Pertama Festival Kethoprak Kota Yogya 2022

Membawakan lakon "Klilip" mengantarkan Kemantren Mantrijeron menjadi juara terbaik pertama dalam festival kethoprak Kota Yogyakarta tahun 2022 yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Sementara untuk juara terbaik kedua dan ketiga jatuh pada Kemantren Kraton dengan lakon "Ganong Sukawati" dan Kemantren Kotagede dengan lakon "Wadi".

Dalam ajang tersebut juara terbaik pertama berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta, sedangkan juara terbaik kedua dan ketiga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 4,5 juta dan Rp 4 juta.

Acara yang diikuti oleh 14 Kemantren se Kota Yogyakarta ini digelar di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta, Jumat (15/7/2022).

Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya mengatakan festival tersebut menjadi ajang kompetisi terbuka antar kekuatan potensi dan kualitas saji seni kethoprak di Kota Yogyakarta yang dihimpun untuk mencapai prestasi terbaik.

"Sehingga kegiatan pemeliharaan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan seni kethoprak terus dapat dilakukan," bebernya.

Pihaknya berharap adanya festival kethoprak, dapat melestarikan dan mengembangkan seni budaya, serta meningkatkan kreativitas pelaku seni di masyarakat.

Salah satu juri, Nanang Arisona menuturkan berbagai kriteria penilaian dalam ajang tersebut seperti mempertimbangkan penyutradaraan kethoprak, keaktoran, tata panggung, rias busana, serta karawitan. (Han)