Partisipasi Generasi Muda Jadikan Koperasi Modern

Koperasi di lingkungan Kota Yogya diharapkan dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain, memiliki sensitivitas tinggi  dalam  pengembangan usaha dan diminati  oleh generasi muda. Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi bertindak sebagai Pembina Upacara dalam rangka memperingati Hari Koperasi yang ke-75 di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta, Senin (18/7).

Dalam amanatnya, Pj Walikota mengatakan tema Hari Koperasi yang ke-75 di tahun 2022 adalah Transformasi Koperasi Untuk  Ekonomi Berkelanjutan yang merupakan upaya koperasi  bertransformasi  dari  citra  model  lama  dan konvensional menjadi model baru dan professional.

Pemkot Yogyakarta memiliki Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Wiwara, sebagai wadah badan usaha koperasi untuk mensejahterakan segenap pegawai dan masyarakat di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Sehingga, Sumadi mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkot Yogyakarta untuk berpartisipasi dan terus menghidupkan koperasi.

“Koperasi adalah aggregator dan akselerator Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), berarti koperasi dapat menjadi lokomotif penarik dan penggerak UMKM yang ada. Oleh karena itu, kami berharap untuk dapat memanfaatkan usaha jasa dan pengembangan perekonomian melalui KPRI Wiwara,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto Raharjo menjelaskan Hari Koperasi yang ke-75 mengusung tagline ‘Ayo Berkoperasi’ yang  terhubung  dengan  Program Gerakan  Revolusi  Mental, bertujuan untuk meningkatkan literasi perkoperasian dan menarik generasi muda untuk berkoperasi.

“Koperasi yang akan bertransformasi  menjadi koperasi modern tentunya membutuhkan sentuhan-sentuhan dari generasi muda, harapannya ditangan generasi muda akan semakin maju dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Tri Karyadi.

Sebagai bentuk kegiatan pengembangan pendidikan ekonomi koperasi, Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta telah melaksanakan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian 2022 se-Kota Yogyakarta dengan tiga kategori yaitu koperasi siswa jenjang SMP dengan juara 1 SMP N 5 Yogyakarta, juara 2 SMP N 9 Yogyakarta dan juara 3 SMP N 10 Yogyakarta. Koperasi siswa jenjang SMA/SMK dengan juara 1 SMK N 7 Yogyakarta, juara 2 MAN 1 Yogyakarta dan juara 3 SMK N 2 Yogyakarta serta koperasi mahasiswa jenjang perguruan tinggi dengan juara 1 Koperasi Mahasiswa (Kopma) UAD, juara 2 kopma UII dan juara 3 kopma UTY.

Selain itu juga telah dilaksanakan lomba koperasi berprestasi tahun 2022 dengan empat kategori antara lain kelompok Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Usaha Simpan Pinjam (USP) dengan juara 1 Koperasi Pegawai Republik Indonesia Ugoro, juara 2 Koperasi Pegawai Republik Indonesia Arga Kencana dan juara 3 Koperasi Karyawan Melia Purosani. Kelompok Koperasi Konsumen dengan juara 1 Koperasi Pegawai Republik Indonesia Koperista, juara 2 Koperasi Karyawan Koppa Duta Wacana dan juara 3 Koperasi Pegawai Negeri Wiwara. Kemudian Kelompok Koperasi Berbasis Masyarakat dengan juara 1 Koperasi Serba Usaha KSU Suko Rukun, juara 2 KSU Sapto Tunggal dan juara 3 KSU Armina serta Kelompok Koperasi Mahasiswa dengan juara 1 kopma UMY, juara 2 kopma UTY dan juara 3 kopma UAD.

Serta lomba pra koperasi 2022 yang ditujukan untuk kelompok pemberdayaan masyarakat yang telah melakukan kegiatan koperasi dan memiliki administrasi dasar koperasi dengan juara 1 Pengembangan Ekonomi berbasis Wilayah (PEW) Lestari Arta Sekawan, juara 2 Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kelurahan Kadipaten dan juara 3 UP2K Kelurahan Baciro.

“Harapannya dengan adanya lomba pra koperasi, kelompok pemberdayaan masyarakat dapat menyiapkan segala sesuatunya agar bertumbuh menjadi koperasi,” tambahnya. (Chi)