Jaga Kelestarian Alam, PDAM Tirtamarta Serahkan Pohon ke DLH Kota Yogya

Gondokusuman-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta sebagai perusahaan daerah mempunyai peran vital dalam pembangunan Kota Yogyakarta, salah satunya adalah menjamin hak dan akses masyarakat atas air, serta terpenuhinya kebutuhan tersebut tidak tergantikan.

Berbagai upaya pun telah dilakukan oleh PDAM Tirtamarta untuk menjaga keberadaan sumber air bersih. Seperti menjaga kelestarian alam beserta dengan vegetasi hijau berupa pepohonan. Pagi ini, Selasa (19/7/2022) PDAM Tirtamarta menyerahkan dan menanam pohon untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta.

Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Majiya mengatakan dipilihnya acara penyerahan dan penanaman pohon karena pepohonan bermanfaat untuk siklus air. "Keberadaan pepohonan merupakan tanda adanya kesuburan dan tabungan air tanah sebagai cadangan air yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan besar," bebernya.

Tak hanya itu pohon juga berfungsi sebagai penyaring air, sehingga polusi air tanah seperti kandungan zat berbahaya dapat diminimalisir. "Selain penanaman pohon, kami juga kerap melakukan pembuatan biopori di perkampungan di Kota Yogya," ujarnya.

Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Sumadi menyambut baik apa yang telah dilakukan PDAM Tirtamarta. Sumadi mengungkapkan pentingnya keberadaan air membuat masyarakat madani dan beradab, untuk itu, lanjutnya, selalu ia meminta semua pihak agar terus berupaya dalam menjaga kebersihan dan keberlanjutan sumber air.

"Atas dasar itu, penting sekali untuk terus selalu merawat keberadaan sumber air bersih, yang artinya keberadaan PDAM Tirtamarta, agar tetap dapat beroperasi dan melaksanakan tugasnya," bebernya.

Ia menjelaskan, dengan semakin banyaknya pohon, apalagi di sumber mata air, saat kemarau suplai air akan lebih tercukupi. Selain itu, saat musim hujan, pohon bisa menahan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

Pihaknya berharap PDAM Tirtamarta tetap mampu serta terus mengembangkan kapasitasnya sebagai perusahaan daerah, sehingga turut berpartisipasi aktif dalam pemulihan dan pertumbuhan ekonomi.

"Semoga PDAM Tirtamarta selalu mengedepankan pelayanan prima yang memuaskan masyarakat sekaligus men-sejahtera-kan lingkungan," bebernya. (Han)