Bina Atlet Kota Yogya Agar Prestasi Mendunia

Bina Atlet Kota Yogya Agar Prestasi Mendunia

Danurejan – Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyerahkan piala dan piagam juara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD dan SMP tingkat Kota Yogyakarta cabang olahraga karate dan pencak silat tahun 2022 pada kegiatan Gelar Pelajar dan Pemuda Kota Yogyakarta di Kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Yogyakarta, Jumat (22/7).

Dalam sambutannya, Aman Yuriadijaya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Yogyakarta yang telah melakukan pembina dan memberikan dukungan kepada pemuda pemudi Kota Yogya untuk mengembangkan potensi diri.

“Kegiatan seperti ini adalah sebuah bentuk pembinaan yang harapannya dari kegiatan yang sangat meriah ini terbangun komunitas pembinaan seni dan olahraga yang semakin erat dan menumbuhkan semangat bagi adik-adik semua,” ujar Aman.

Untuk juara 1 O2SN jenjang SD antara lain Daffa Nurcahya dari SD N Bhayangkara untuk cabang olahraga pencak silat jurus tunggal putra, Afifa Kalea Mochtar dari SD Muhammadiyah Sapen 2 untuk cabang olahraga pencak silat jurus tunggal putri, Fairuz Thariq Hammani dari SD Muhammadiyah Sapen 1 untuk cabang olahraga karate perorangan putra dan Leiva Allyana Putri Yowinda dari SD Muhammadiyah Nitikan untuk cabang olahraga karate perorangan putri.

Pada jenjang SMP yang mendapatkan juara 1 O2SN antara lain Harits Aryo Nugroho dari SMP N 8 Yogyakarta untuk cabang olahraga pencak silat tunggal putra, Aliyah Kenntnisreiche Lintang Robbani dari SMP N 16 Yogyakarta untuk cabang olahraga pencak silat tunggal putri, Aufa Zainul Akram dari SMP IT Abu Bakar Yogyakarta untuk cabang olahraga karate perorangan putra dan Fransiska Adventia Maheswari dari SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta untuk cabang olahraga karate perorangan putri.

Serta penyerahan piagam juara 1 Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Kota Yogya tahun 2022 kepada sembilan siswa SMP N 13 Yogyakarta yang akan mewakili Kota Yogya di tingkat provinsi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori.

Budi Santosa menjelaskan kegiatan komitmen bersama ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi atlet di Kota Yogya dimulai dari pembinaan dan pelatihan pada usia dini sehingga dapat terwujudnya atlet dengan karakter disiplin, jujur, tangguh dan kompetitif.

“Kita bersama-sama untuk terus mengembangkan pembinaan organisasi dan pembinaan atlet kepada anak-anak secara lebih dalam lagi, sehingga ada kesinambungan dan sistemable pembinaan yang berkelanjutan dari anak-anak usia dini, junior dan senior,” jelas Budi Santosa.

Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan penandatanganan komitmen bersama dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Yogyakarta, ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD, ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (MGMP PJOK), ketua Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (KKG PJOK) serta koordinator pengawas SD dan SMP.

Budi Santosa berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengoptimalkan potensi anak-anak, tidak hanya dibidang akademis namun juga dibidang olahraga dan kesenian budaya. “Kami berharap Kota Yogya tidak kehabisan atlet dan prestasi terus meningkat baik di tingkat provinsi, nasional bahkan dunia,” tambahnya.

Kegiatan Gelar Pelajar Pemuda diawali dengan bersepeda santai bersama Yogowes dan 300 pelajar Kota Yogya serta serangkaian pentas seni dari pelajar berprestasi. Pentas seni dalam kegiatan ini menampilkan juara 1  Festival Lomba Seni Sisiwa Nasional (FLS2N) pantomime tingkat SD oleh Yahya Mustaffa Wdjojo dan Raasyid Kamalajubair Mahirah dari SD Muhammadiyah Karangkajen 1, juara 2 FLS2N pentas tari tingkat SD oleh Leony Morlaangel Christiana, Nimas Karisa Christabel, Emanuella Kaysha Agustina Chester dari SD Pangudi Luhur, juara 2 FLS2N vocal solo tingkat SMP oleh Clarissa Galuh Ayu Pramesti dari SMP Pangudi Luhur 1 serta juara 2 FLS2N penampilan gitar duet tingkat SMP oleh Rafael Bimo Raditya dan Adiel Wicaksono Barnabas dari SMP Stella Duce 1. (Chi)