Tunjukan Kreativitas Meski Purna Tugas

Umbulharjo – Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan pembekalan keterampilan kepada 110 ASN calon purna terhitung mulai September 2022 sampai dengan Januari 2023. Dalam kegiatan ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta memberikan keterampilan tematik sebanyak empat kelas yaitu di bidang perikanan, bidang perkebunan dan dua kelas bidang tata boga di Ruang Pandawa Balaikota Yogyakarta, Senin (25/7).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menjelaskan ada beberapa aspek yang perlu disiapkan calon purna tugas dalam persiapan pensiun, antara lain aspek ekonomi yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan serta kewirausahaan, asepek fisik yang berkaitan dengan kesehatan, aspek psikologis dan aspek sosial yaitu persiapan mental untuk menghadapi perubahan dan tetap memiliki peran sosial di lingkungan masyarakat.

“Setelah purna tugas, harus bisa membangun kebahagiaan dan menjaga konsistensi kebahagiaan lanjut, oleh karena itu untuk menjaga jembatan pikiran dan hati adalah tetaplah beraktivitas dengan aktivitas positif dengan menggali kreativitas yang mungkin belum tereksplorasi, pada saat masih menjadi ASN. Melalui BKPSDM Kota Yogya akan diberikan alternatif-alternatif yang bisa dilakukan setelah purna nanti,” jelas Aman.

Aman menambahkan calon purna tugas harus memahami dan mengerti berbagai prosedur pengurusan hak dan kewajiban sebagai pensiunan yang benar sehingga akan mempermudah mendapatkannya dan terhindar dari konflik terutama berkaitan dengan Taspen, BPJS dan penyaluran dana pensiun.

Accounting Office PT Taspen Yogyakarta Dewi Ismaya menjelaskan PT Taspen nantinya yang akan memberikan penghasilan kepada penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas pemerintah.

Manfaat kepesertaan pensiun akan mendapatkan pensiun bulanan, uang duka wafat, pensiun terusan empat bulan, pensiun janda duda dan yatim piatu di bawah 17 tahun atau belum selesai belajar, pensiun ke-13 dan THR yang diperoleh dari iuran 4,75 persen 3,25 persen dari gaji pokok dan tunjangan untuk  tabungan hari tua dan asuransi kematian pada waktu masih aktif sebagai PNS.

Dewi menghimbau kepada calon purna tugas untuk tidak khawatir dengan segala urusan hak dan kewajiban sebagai pensiunan. PT Taspen memiliki program Layanan Klim Otomatis (LKO), program ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengurusan serta pembayaran hak. “Nanti bapak-bapak tidak perlu repot, tidak perlu datang ke Taspen, tinggal terima uang di rekening,” tambahnya. (Chi)