Pelestarian Budaya Jadi Unggulan Lomba Karangtaruna Berprestasi

 


Kraton - Karang Taruna (KT) Patih Baruna Kelurahan Patehan Kemantren Kraton menjadi perwakilan Kota Yogyakarta pada Penilaian Karang Taruna Berprestasi Tingkat DIY Tahun 2022. Program pelestarian budaya yang telah dilakukan KT Patih Baruna akan menjadi nilai plus dalam penilaian tersebut. Diharapkan tidak hanya maju tingkat DIY namun bisa maju tingkat nasional.

"Semoga dengan pencapaian saat ini jadi motivasi lebih untuk teman-teman terus berkembang dan jadi wadah pemuda pemudi dalam menyalurkan minat dan bakat. Tentunya juga bermanfaat untuk teman-teman KT sendiri khususnya terutama pada masyarakat sekitar," jelas Ketua Patih Baruna Tri Indah Widianingsih. 

Indah mengatakan ada beberapa program yang dimiliki KT Patih Baruna yakni dalam bidang kebudayaan salah satunya memberikan pelatihan menari gratis bagi warga Kelurahan Patehan. Selain itu, memberikan pelatihan sablon dan melakukan kegiatan event kebudayaan, serta melakukan bakti sosial kepada warga Kelurahan Patehan saat pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

"Yang kami tonjolkan pada penilaian KT berprestasi DIY ini adalah program-program yang kami selenggarakan merupakan hasil dari saran, masukan, serta minat bakat dari teman-teman, salah satunya pada bidang kebudayaan dimana kami berkolaborasi dengan Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) untuk kegiatan seninya seperti ketoprak, partisipasi Festival Kesenian Yogyakarta, jatilan, tari tradisional, tari modern. Kami juga membuka latihan tari tradisional untuk anak-anak sekolah di Kelurahan Patehan tanpa dipungut biaya," ujarnya.

Walau dengan keterbatasan sumber daya manusia, Indah mengungkapkan semua kegiatan yang dilakukan KT Patih Baruna berjalan dengan lancar. ''Bersyukur dan bangga tentunya dengan pencapaian dari KT Patehan bisa sampai sejauh ini, walau dengan segala keterbatasan yang umum di perkotaan yaitu sumber daya manusianya. Tapi alhamdulillah masih bisa dan bersama-sama belajar melangkah untuk lebih baik tentunya," kata Indah.

Tambahnya, pelatihan kesenian ini dapat diikuti oleh seluruh warga  Kelurahan Patehan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 16.00-18.00 WIB bertempat di Kelurahan Patehan, Kemantren Kraton Yogyakarta.

Lurah Kelurahan Patehan Gunawan Sigit Putranto mengatakan, pentingnya keberadaan Karang Taruna merupakan salah satu bagian dari Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang sangat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah. 

"Keberadaan KT Patih Baruna sangat luar biasa terutama dalam menonjolkan sisi budaya mengingat lokasi Kelurahan Patehan ini di dalam Benteng Keraton, dimana kami harus mengikuti pola yang ada di lingkungan Keraton Yogyakarta. Sehingga anggota KT Patih Baruna ini menjadi ujung tombak dalam menjaga warisan budaya atau atribut filosofi budaya yang harus dijaga terutama di lingkungan Kelurahan Patehan," jelasnya.

Pihaknya berharap, ke depannya akan ada banyak pihak yang membantu dan memberikan dukungan kepada KT Patih Baruna, tidak hanya dari Kelurahan Patehan namun semua kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta. "Semoga generasi muda semuanya ikut membantu. Kelurahan Patehan memang terpilih sebagai perwakilan Kota Yogyakarta. Namun harapannya semua kelurahan ikut membantu kami. Sehingga nantinya jika terpilih menjadi yang terbaik semua ikut senang dan berbangga hati," jelasnya. (Hes)