104 Tahun PDAM Tirtamarta Inovatif dalam Layanan Air Bersih

Jetis-Pada hari ini, Senin 1 Agustus 2022 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Kota Yogyakarta genap berusia 104 tahun. Dengan bertambahnya usia tersebut diharapkan seluruh karyawan PDAM Tirtamarta terus berbenah memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Majiya mengatakan di tahun ke-104 ini, PDAM Tirtamarta mengusung tema Bangkit dan Inovatif menuju Pelayanan yang Unggul.

Selain itu, komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam hal penyediaan sumber daya air kepada masyarakat juga terus dilakukan.

"Salah satunya dengan upaya revitalisasi internal dari PDAM Tirtamarta baik dari aspek infrastruktur, struktur organisasi, pembenahan arsip, dan pembenahan arsip, dan pengembangan SDM," bebernya di kantor PDAM Tirtamarta.

Foto. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Kadri Renggono menyerahkan bantuan dari PDAM Tirtamarta untuk pelajar Kota Yogyakarta

Majiya mengungkapkan berbagai kegiatan telah dilakukan untuk menyambut HUT PDAM Tirtamarta, seperti pembagian sembako bagi masyarakat di sekitar wilayah sumur PDAM dan warga sekitar kantor, pemberian tali kasih di Panti Wiloso Projo, Pondok Pesantren Ibnu Zurami, Panti Asuhan Sinar Melati serta bazar murah di halaman kantor PDAM Tirtamarta.

"Termasuk penanaman pohon kalpataru seperti pohon Sawo kecik, kepel, asem, pule, timoho, tobe buya, gayam di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya, dan penaman Anggrek di pohon-pohon besar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta," jelasnya.

Sementara itu mewakili Penjabat Walikota, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Kadri Renggono mengatakan perayaan HUT PDAM Tirtamarta ke 104 ini kiranya dimanfaatkan sebagai salah satu langkah untuk menyegarkan kembali komitmen dan menguatkan semangat untuk terus senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Yogyakarta khususnya dalam penyediaan air bersih.

Foto 2. Peserta undangan mengikuti upacara HUT PDAM Tirtamarta ke 104 secara khidmat.

Menurutnya PDAM Tirtamarta sebagai perusahaan daerah mempunyai peran vital dan andil penting dalam pembangunan Kota Yogyakarta terutama fungsi PDAM Tirtamarta sebagai BUMD Pemkot Yogyakarta yang menjamin hak dan akses rakyat atas air, serta terpenuhinya kebutuhan tersebut tidak tergantikan. 

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mendorong PDAM Tirtamarta agar tetap konsisten dalam mengembangkan produksi air minum kemasan untuk menambah pendapatan perusahaan daerah tersebut. (Han)