Kontingen Pramuka Kota Yogya Siap Menyemarakkan Jambore Nasional 2022

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta menyambut baik keikutsertaan Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Yogyakarta dalam Jambore Nasional 2022 yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 14 hingga 21 Agustus 2022. 

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi, saat melepas kontingen Kwarcab Pramuka Kota Yogyakarta di Ruang Yudistira Balaikota Yogyakarta, Jumat (5/8).

“Pemerintah Kota Yogyakarta menyambut baik kegiatan ini. Ini adalah upaya untuk mengembangkan potensi anak-anak muda, terutama di bidang Pramuka,” ucap Sumadi.

Sumadi berpesan agar para peserta tetap menjaga protokol kesehatan. Mengingat saat ini kasus Covid-19 masih ada dan kembali meningkat. Ia berharap mereka dapat menjaga nama baik Kota Yogyakarta. 

“Saya juga harapkan mereka dapat mempromosikan Kota Yogyakarta yang berhati nyaman. Promosi bisa dengan menampilkan atraksi dan keterampilan yang mereka miliki. Itu bisa menjadikan unggulan, sehingga Yogyakarta semakin terangkat namanya,” imbuh Sumadi.

Kontingen dijadwalkan berangkat menuju Cibubur pada 11 Agustus 2022. Kontingen terdiri dari satu regu putra dan satu regu putri yang masing-masing terdiri dari delapan peserta serta satu tambahan peserta dari Pramuka Luar Biasa. Mereka akan didampingi oleh tiga pembina yang meliputi satu pembina putra, satu pembina putri dan satu pembina dari Pramuka Luar Biasa. 

Perwakilan dari Kwarcab Kota Yogyakarta, Dede Rahayu Pratiwi, mengungkapkan jika peserta yang terbentuk melalui seleksi SMP/MTs se-Kota Yogyakarta ini telah melalui berbagai persiapan. Salah satunya dengan pembekalan yang dilakukan setiap Hari Sabtu dan Minggu di Bumi Perkemahan Ambarbinangun. Pembekalan yang diberikan berfokus pada materi dan keterampilan. 

“Keterampilan yang diberikan berupa memasak, mendirikan tenda, membuat jemuran dan lainnya yang dapat menunjang kehidupan mereka di sana. Kami juga sudah bekali secara fisik dan mental agar mereka siap. Karena di sana mereka akan bertemu banyak teman yang beragam,” ujar Dede. (Wul)