Kolaborasi Petani Kota Yogya dan Fukuda Jepang Kenalkan Sumber Pangan

Mantrijeron-Untuk memperkenalkan sumber pangan dan praktik pertanian antara Kota Yogyakarta dengan Fukuda Jepang, Panen Apa Hari Ini (Pari) menggelar pameran bertajuk 'menjelajahi kelompok tani Jogja X Fukuda'.

Dalam pameran ini juga turut mengajak kelompok tani Kota Yogyakarta seperti Melati Green Purbayan dan Shinta Mina Pilahan, selain itu juga beberapa petani dari Fukuda, Jepang.

Sebagai informasi Pari adalah sebuah inisiatif yang didirikan pada tahun 2020 sebagai upaya untuk memahami distribusi produk pertanian di Yogyakarta, Indonesia.

Awalnya Pari merupakan respon terhadap masalah distribusi hasil produksi ke kota karena pandemi, kemudian berkembang menjadi platform yang menghubungkan praktik seni dengan pertanian.

Setiap kegiatan dikembangkan melalui kerjasama antara seniman dan mahasiswa seni, produsen makanan, penggemar pertanian, atau siapa saja yang tertarik dengan masalah kedaulatan pangan dan resolusi berbasis masyarakat.

Pengagas Pari, Anang Saptoto mengatakan proses perkenalan ini telah dilakukan sejak bulan Juli lalu, dimana terjadi pertemuan secara daring yang membawa pada percakapan dan pertukaran informasi.
 
perkenalan antara petani Kota Yogya dan Fukuda ini, lanjutnya menggunakan metode yang diproses melalui pendekatan artistik, seperti praktik desain, fotografi, video, dan peristiwa.

"Berbagai media tersebut berfungsi untuk mempromosikan sekaligus mendiskusikan seluruh proses interaksi antara kedua kelompok masyarakat tersebut," bebernya di Cemeti Institut for art and society, Sabtu (6/7/2022).

Dalam pameran ini para pengunjung juga diajak tour secara virtual, jadi para pengunjung yang berada di Cemeti Institut for art and society juga bisa merasakan atmosfer pemeran yang ada di Fukuda Jepang, begitu sebaliknya.

Bagi pengunjung yang tertarik mengunjungi pameran ini, pameran ini dibuka mulai hari ini, 6 Agustus sampai 3 September 2022, dan buka pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB tiap hari selasa sampai Sabtu. (Han)