SunMorSan Bangkitkan Ekonomi Warga Wirobrajan

 


Dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Republik Indonesia Minggu (7/8) di Lapangan Mancasan Lurah Wirobrajan menggelar Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan ini sekaligus meresmikan Sunday Morning Mancasan atau SUN MOR SAN dengan tema 'Mapan Rejeki Ing Wayah enjing Lapangan Mancasan Wirobrajan Ngayogyakarto' yang rencananya akan diadakan setiap minggunya. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan ekonomi lewat UMKM yang ada di lingkungan Kelurahan Wirobrajan, Minggu (7/8). 

Masyarakat diajak menikmati berbagai sajian mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian. Tak hanya itu, jika ingin mencari koleksi seperti baju, tas dan rak tanaman hias juga bisa ditemukan di sini.

Ketua panitia pelaksana Gebyar UMKM Ikhwan Zulfitri mengatakan, kegiatan ini juga sebagai media promosi UMKM di wilayah Kelurahan Wirobrajan yang memiliki 249 UMKM namun kesempatan ini baru diikuti 40 UMKM sebagai awal upaya peningkatan ekonomi di wilayah.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan lahan kerja baru yang dimiliki oleh 12 RW dan 58 RT. "Semoga kegiatan ini dapat lebih hidup dan membangkitkan semangat mereka dalam mengais rezeki di pagi hari. Diharapkan ini bisa berjalan terus dengan dibantu pihak-pihak terkait untuk bisa mendukung kegiatan ini dalam memajukan ekonomi di wilayah," ujarnya.

Lurah Kelurahan Wirobrajan Suwardani berharap kegiatan ini bisa diterima semuanya dan ke depannya setiap RW mengeluarkan minimal satu UMKM untuk mewakili Gebyar UMKM. ''Acuan tumbuhnya produk-produk baru agar dapat bersaing sehingga nantinya bisa mendatangkan investor untuk mengembangkan potensi yang mereka kelola," katanya.

Sementara itu, Mantri Pamong Praja Wirobrajan Sarwanto mengungkapkan, ini awal yang baik bagi masyarakat Wirobrajan. "Mudah-mudahan dengan gelar potensi UMKM ini bisa menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat. Semoga setiap hari Minggu semakin ramai dan dipenuhi pelaku UMKM yang baru di wilayah Wirobrajan," jelasnya.(Hes)