Sadar Kebersihan, Bebaskan Diri dari DBD

Umbulharjo – Demam Berdarah Dengue (DBD) kini menjadi isu yang tak kalah penting di tengah pandemi Covid-19. Kesadaran akan kebersihan lingkungan masih menjadi pekerjaan rumah oleh masyarakat. Kompas.com dan Enesis Group bekerja sama menggelar kegiatan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pencegahan DBD di Kota Yogyakarta.

Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri Golo, Kelurahan Tahunan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Selasa (9/8) dengan tema “Jernihkan Indonesia, Bebas dari Dengue (DBD)”

“Kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian kami terhadap DBD. Karena DBD masih jadi pekerjaan rumah untuk kita semua. Saat ini orang-orang fokusnya masih ke Covid-19 padahal DBD juga bisa dibilang cukup mengancam,” ucap Inggrid selaku Wakil Redaktur Pelaksana dari Kompas.com

Dipilihnya sosialisasi melalui sekolah ini guna mengedukasi siswa-siswi agar dapat diaplikasikan ke rumah untuk pencegahan, menjaga hidup bersih, dan mengetahui bagaimana agar dapat terhindar dari DBD.

“Kami sebagai media bukan hanya berperan menyiarkan, namun juga mengambil bagian sebagai solusi untuk masyarakat. Oleh karena itu Kompas ingin turut berkontribusi bersama Enesis. Sehingga lebih banyak anak-anak yang peduli akan DBD,” imbuhnya.

Para siswa sangat berantusias mendengarkan paparan mengenai perilaku hidup sehat melalui dongeng yang dibawakan oleh Pendongeng lokal Yogyakarta, Kak Awe. Para siswa dibekali kesadaran untuk menjaga kebersihan agar terlindungi dari berbagai penyakit.

Tak hanya mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat, Kompas.com juga membagikan healthy kit dalam upaya pencegahan DBD serta bantuan beasiswa. Pemberian secara simbolis diserahkan kepada Kepala Sekolah SD Negeri Golo, Perwakilan Kelurahan Tahunan, Perwakilan Kemantren Umbulharjo, serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta,  Yunianto Dwisutono. 

Yunianto mewakili Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kompas.com dan Enesis Group atas kepeduliannya terhadap DBD.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Kompas.com dan Enesis Group atas komitmen dan kerjasamanya  dalam upaya pencegahan DBD. Kami berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh segenap masyarakat di Kota Yogyakarta, serta dapat dilaksanakan kembali seterusnya di tahun-tahun mendatang,” ungkap Yunianto. (Wul)