Gerakan 10 Juta Bendera Meriahkan HUT ke-77 RI

UMBULHARJO – Pemerintah Kota Yogyakarta siap menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) dengan tema Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat. Kegiatan utama peringatan HUT ke-77 RI Pemkot Yogyakarta adalah upacara bendera di halaman Balai Kota Yogyakarta. Termasuk mendukung program peringatan pemerintah pusat dengan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta Budi Santosa mengatakan sesuai instruksi dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Gubernur diharapkan bahwa di setiap daerah dapat mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI. Kegiatan upacara diikuti sekitar 400 orang atau sekitar 40 persen dari kapasitas halaman Balai Kota Yogyakarta dan menerapkan protokol kesehatan.

“Pelaksanaan upacara bendera agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena seluruh daerah di Indonesia diwajibkan mengadakan upacara bendera pagi hari secara langsung di tiap kabupaten, kota, instansi nasional dan sekolah,” kata Budi, saat jumpa pers peringatan HUT ke-77 RI di Balai Kota, Senin (15/8/2022).

Kegiatan upacara peringatan HUT ke-77 RI Pemkot Yogyakarta akan dilaksanakan Rabu (17/8/2022) di halaman Balai Kota pukul 07.00 WIB. Sedangkan pada sore pukul 16.00 WIB diadakan upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 RI di Balai Kota Yogyakarta. Masyarakat dapat menyaksikan upacara secara langsung di luar pagar balai kota maupun melalui akun Youtube Pemkot Yogya dan YKTV.

“Pemkot Yogyakarta bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga mengikuti upacara di istana negara secara daring di Balai Kota Yogyakarta. Termasuk mengikuti sidang paripurna mendengarkan pidato Presiden RI,” paparnya.

Pihaknya berharap saat pengibaran bendera detik-detik proklamasi pukul 10.00 WIB sampai 10.17 WIB semua komponen masyarakat dapat menghormati dengan berdiri tegak dan dia sejenak. Pada saat itu juga akan dibunyikan sirine di Kota Yogyakarta setidaknya di 5 menara sirine atau gaok seperti di Pasar Beringharjo dan Plengkung Gading serta sirine di posko Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta, wilayah kemantren dan kelurahan.

Selain itu Pemkot Yogyakarta juga mendukung program pusat terkait peringatan HUT ke-77 RI yaitu pencanangan pembagian 10 juta bendera. Budi menyebut dari hasil pendataan sampai 12 Agustus 2022 sudah berkibar 860.407 bendera merah putih dan umbul-umbul yang terpasang di wilayah Kota Yogyakarta. Pemasangan bendera itu oleh pemerintah maupun masyarakat.

“Partisipasi masyarakat luar biasa untuk menyemarakan HUT ke- 77 RI. Kegiatan di masyarakat seperti memasang bendera dan lomba-lomba serta rencana malam tirakatan. Masyarakat sudah mulai bergerak tapi kami tetap menyarankan sesuai dengan protokol kesehatan,” terang Budi.

Sementara itu Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta (Disdikpora) Kota Yogyakarta Mugi Suyatno  menyatakan Disdikpora Kota Yogyakarta menyiapkan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) Kota Yogyakarta sebanyak 38 pelajar. Jumlah pasukan paskibraka Kota Yogyakarta sesuai upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yaitu formasi 17 8 45.

“Tahapan para paskibraka kota berada di asrama paskibraka untuk penyiapan mental ketika bertugas upacara HUT kemerdekaan RI. Rencana pengukuhan paskibraka Kota Yogyakarta pada 16 Agustus 2022,” tandas Mugi.(Tri)