38 Anggota Paskibraka Kota Yogyakarta Tahun 2022 Siap Bertugas

Umbulharjo-Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi mengukuhkan 38 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Yogyakarta tahun 2022. Ke 38 anggota Paskibraka tersebut merupakanĀ  putra-putri terbaik Kota Yogyakarta yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui.

Pengukuhan diawali dengan pembacaan Ikrar Dharma Mulia Putera Indonesia yang dipimpin oleh Penjabat Walikota dan diikuti para anggota paskibraka. Dilanjutkan penghormatan dan penciuman bendera merah putih diikuti seluruh anggota paskibra serta penyematan kendit yang diwakili oleh Latifah Yoga Pramesti yang berasal dari SMANĀ  8 Yogyakarta.

Dalam amanatnya, Sumadi yakin anggota Paskibraka Kota Yogya dapat menjalankan tugas dengan baik dan menerapkan hasil latihan mereka selama ini dengan semaksimal mungkin.

"Saya yakin adik-adik yang terpilih mampu menjalankan amanat dengan baik dan sukses nantinya,"ungkapnya di Graha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Selasa (16/8/2022).

Sumadi berharap kepada seluruh anggota Paskibraka yang hari ini dikukuhkan, agar dapat meneladani jiwa-jiwa kepahlawanan. Semangat bendera merah putih harus terus berkibar di dada setiap anggota Paskibraka.

"Jika dahulu para pahlawan berjuang mengalahkan penjajah, maka tugas kalian sebagai generasi muda adalah meneruskan semangat perjuangan kemerdekaan agar terus berkibar sepanjang masa," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya anggota paskibraka juga harus mampu menunjukan sikap dan perilaku yang pantas dicontoh untuk meneladani baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat.

"Bagi para anggota Paskibraka harus menjadi perintis teladan bagi lingkungan sekitar dan juga sebagai sesama," bebernya.

Menurutnya Paskibraka adalah orang-orang pilihan, bukan hanya sekadar baris-berbaris mengibarkan bendera, tetapi mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dari arti Sang Merah Putih dalam kehidupan. (Han)