Upacara Penurunan Bendera HUT ke-77 RI di Balaikota Yogya Berlangsung Khidmat

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar upacara penurunan Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Rabu (17/8/2022) sore di lapangan Balaikota Yogyakarta. Upacara penurunan ini juga disiarkan melalui kanal Youtube YKTV.

Komandan Kodim 0734 Kota Yogya, Letkol Inf Arif Harianto menjadi inspektur upacara. Sementara komandan upacara adalah Kapten Inf Restu Sujoko, dan perwira upacaranya adalah Kapten Inf Djoko Sutikno.

Sedangkan untuk anggota Paskibraka yang membawa baki dalam upacara tersebut adalah Pramesti Lintang Damar Sejati dari SMAN 1 Yogyakarta.

Sementara yang bertugas menurunkan bendera adalah Naufal Ahnaf Maula dari SMAN 3 Yogya, Bima Putra Febiyantara dari SMAN 11 Yogya, dan Rifai Aldi Trikurniawan dari SMAN 8 Yogya.

Prosesi sakral penurunan sang Merah Putih ini berjalan dengan khidmat dan lancar, dengan kesiapan yang prima, para Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar.

Sebagai informasi Paskibraka yang bertugas dalam upacara penurunan tersebut sebanyak 38 orang. Ke 38 Paskibraka ini adalah putra putri terbaik yang telah melalui proses seleksi hingga pelatihan dengan pelatih dari TNI, Polri dan dibantu Purna Paskibraka Kota Yogyakarta.

Ditemui usai mengikuti upacara, Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi mengucapkan rasa syukurnya karena seluruh rangkaian upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 berjalan dengan lancar.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Paskibra dan panitia penyelenggara,” ujarnya. (Han/Jul)