Kuatkan Kota Pendidikan Lewat Olahraga   

SLEMAN– Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya memberikan pelayanan pendidikan sesuai standar dan mutu kepada masyarakat. Salah satunya dalam pelayanan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan jenjang SD dan SMP dengan memberikan pelatihan kepada guru. Pemberian pelatihan kepada guru pendidikan, jasmani dan kesehatan itu bagian dari menguatkan Yogya sebagai kota pendidikan.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya pelatihan bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD dan SMP di Kota Yogyakarta penting. Itu karena jenjang SD dan SMP adalah pondasi yang kuat pada pendidikan dasar. Pelatihan itu juga bagian dari proses meningkatkan kapasitas ASN guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

“Pelatihan ini penting untuk menguatkan aspek kota pendidikan. Termasuk pelayanan pendidikan yang penting bagi prestasi olahraga di Yogyakarta,” kata Aman saat membuka pembukaan pelatihan pelatih fisik pemula di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY), Selasa (23/8/2022).

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada FIK UNY atas kerja sama yang dibangun dengan Pemkot Yogyakarta atas kegiatan pelatihan tersebut. Aman menegaskan Pemkot Yogyakarta sangat memberikan konsetrasi dan perhatian pada peningkatan mutu ASN karena untuk memastikan standar pelayanan terpenuhi.

Selain itu Aman menyampaikan pelatihan itu bagian dari upaya konsentrasi Pemkot Yogyakarta dalam melakukan pembinaan olahraga sejak dini. Terutama melalui guru pendidikan jasmani dan kesehatan SD dan SMP. Baik dari sisi pendidikan olahraga maupun olahraga prestasi. Pelatihan itu diikuti 30 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD dan SMP di Kota Yogyakarta pada 23-25 Agustus 2022.

“Harapannya ada kebaruan-kebaruan metode dan program yang bisa memperkaya wawasan. Yang ingin diraih tidak hanya olahraga pendidikan tapi juga olahraga prestasi,” tambahnya.

Sementara itu Dekan FIK UNY Prof Dr Wawan Sundawan Suherman mengatakan pelatihan tersebut merupakan kerja sama antara Pemkot Yogyakarta dengan FIK UNY untuk mengembangkan pembangunan keolahragaan. Terutama olahraga prestasi dan pendidikan. Salah satu penopang prestasi olahraga adalah ilmu keolahragaan sehingga pelatihan itu penting.

“Sport science salah satu penopang prestasi. Harus kita manfaatkan agar prestasi olahraga bisa berkembang bagus. Harapan Yogya menjadi pusat atlet selain kota pendidikan dan menghasilan prestasi. Salah satu keunggulan kita memiliki pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Itu menjadi potensi yang perlu kita kembangkan bersama,” jelas Prof Dr Wawan.

Sedangkan Ketua Jurusan Pendidikan dan Pelatihan FIK UNY, Dr Fauzi menyatakan pada pelatihan pelatih fisik pemula itu akan menekankan pada pembinaan fisik usia dini. Hal itu penting bagi anak-anak SD dan SMP karena masa pertumbuhan dan perkembangan yang tercepat. Karena untuk SD dan SMP adalah pondasi agar kuat untuk kebugaran dan prestasi yang lebih baik

“Itu yang kita tekankan pertumbuhan dan perkembangan semua fungsi tubuh. Salah satunya yaitu kardio respirasinya yaitu jantung dan paru-paru. Itu yang banyak kami tekankan supaya bisa memberikan dukungan untuk cabor-cabor tertentu sesuai kebutuhan desain paru-paru dan jantung,” pungkas Fauzi.(Tri)