Digelar Secara Langsung, WJNC #7 Bertema 'Lokananta Arjuna Anugraha'

 


Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan kembali Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 sebagai bagian dari rangkaian puncak acara peringatan HUT Kota Yogyakarta yang ke-266. Beda dari tahun sebelumnya, untuk tahun ini diselenggarakan secara langsung.

Untuk itu perlunya kesiapan yang matang mulai dari konsep, peraga, musik, properti dan kostum agar menjadi acara yang spektakuler. Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan gelaran WJNC #7 tanggal 7 Oktober 2021 nanti bertema 'Lokananta Arjuna Anugraha' yang merupakan sebuah perangkat gamelan yang ada dalam cerita pewayangan yang menjadi tema tahun ini.

"Tema ini menceritakan tentang pewayangan yang muncul dalam dua lakon yaitu pernikahan Arjuna dengan Sembadra dan pernikahan Baladewa dengan Erawati,'' ujarnya saat workshop WJNC #7 di KHAS Malioboro Hotel, Selasa (23/8).

Nantinya 14 Kemantren akan memeriahkan kegiatan ini dengan tema-tema penokohan sesuai tema seperti Bathara Guru, Bathara Durga, Arjuna dan Bathara Gana/Ganesha, Bathara Supraba dan masih banyak penokohan lainnya.

Wahyu menjelaskan untuk kedua kalinya WJNC #7 masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Harapannya ini menjadi event atau ajang promosi pariwisata seni dan budaya tingkat nasional di Indonesia, yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya. "Harapannya para sutradara yang ditunjuk di wilayah masing-masing dapat memberikan yang terbaik," ujarnya.

Walaupun penyelenggaraan WJNC #7 dilaksanakan secara langsung namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pihaknya juga berharap kegiatan ini menjadi atraksi yang selalu dinanti oleh warga Yogya, nasional bahkan internasional. ''Kami berharap semoga event unggulan pariwisata WJNC #7 ini menjadi salah satu atraksi yang selalu dinanti oleh wisatawan dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khususnya di Kota Yogyakarta," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan WJNC #7 ini sebagai ajang peningkatan jumlah wisatawan, dimana tahun ini Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menargetkan sebanyak dua juta wisatawan, namun di bulan juni saja sudah mencapai tiga juta wisatawan. "Semoga jumlah wisatawan terus meningkat dengan kehadiran WJNC #7 agar wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta," ujarnya. 

Salah satu Sutradara perwakilan dari Kemantren Jetis, Rangga mengungkapkan sejauh ini warga Kemantren Jetis sudah mulai berlatih. Dengan tema tokoh Bathara Supraba diharapkan dapat menghibur warga dan wisatawan Kota Yogyakarta.

"Sudah mulai berlatih, tokoh yang diberikan ini akan kami kreasikan dan modifikasi sesuai dengan tokoh Bathara Supraba. Memang agak sedikit susah mengkreasikan tokoh ini namun akan kami maksimalkan. Sejauh ini peserta yang ikut 75 persen adalah wanita," jelasnya. (Hes)