Lihat Secara Langsung Sumber Mata Air PDAM Tirtamarta, Pj Walikota Tinjau Umbul Wadon dan Lanang

Cangkringan-Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi meninjau mata air umbul wadon dan umbul lanang yang berada di lereng Gunung Merapi.

Sumadi mengatakan tinjauannya tersebut dalam rangka melihat secara langsung sumber mata air dan perpipaan milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta.

"Ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya dan PDAM Tirtamarta untuk terus senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Yogyakarta dalam penyediaan air bersih," bebernya Rabu (24/8/2022).

Kedua umbul tersebut merupakan sumber air baku PDAM Tirtamarta. Air di kedua umbul ini sangat jernih, bahkan Pj Walikota Yogyakarta berserta rombongan meminum langsung air dari ke dua umbul yang terletak di objek wisata alam Plunyon Kalikuning ini.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Majiya menjelaskan pembangunan penangkap air di kedua umbul tersebut di bangun pada tahun 1986-1990.

"Dana dari pemerintah pusat tersebut digunakan untuk pemasangan pipa DM 250 dengan panjang 6.131 meter guna mengalirkan air dari Umbul Wadon sampai Bak Pelepas Tekan (BPT) Bedoyo," bebernya.

Pemasangan pipa tersebut menambah jaringan pipa yang sudah ada. Termasuk jaringan pipa distribusi sepanjang 94 ribu meter yang dipasang periode 1969-1982.

Pihaknya mengungkapkan PDAM Tirtamarta akan terus melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal dan terbaik bagi masyarakat. Diantaranya, menyangkut kualitas dan kuantitas air yang diproduksinya sampai kepada para pelanggan.

Terkait hal tersebut sejumlah pembenahan dan pengoptimalan layanan terus dilakukan. Termasuk penggantian pipa distribusi dan jaringan terus dilakukan.

Pada tahun 2019, PDAM Tirtamarta telah melakukan penambahan debit air produksi di sejumlah titik, perbaikan filter IPA Pengok, serta penggantian meter air pelanggan.

Selanjutnya, pada tahun  2020 dilakukan juga penggantian jaringan pipa distribusi utama dari jenis pipa asbes atau Asbestos Cement Pipe (ACP) ke High-density polyethylene (HDPE ) mulai dari simpang empat Wirobrajan hingga jembatan Sayidan.

Sedangkan pada tahun 2021 melanjutkan pekerjaan sebelumnya, yakni, melakukan penggantian jaringan pipa distribusi utama utama dari ACP ke HDPE dari jembatan Sayidan sampai dengan Gembiraloka. Simpang empat Patangpuluhan sampai dengan Tamansari, Jalan Mas Suharto sampai dengan Kentungan, Jalan C.Simanjuntak, IPA Gemawang sampai Jalan Magelang. (Han)