Baznas Salurkan Beasiswa Cegah Siswa Putus Sekolah

Umbulharjo-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta kembali menyalurkan bantuan pendidikan kepada siswa dhuafa Kota Yogyakarta. Pemberian beasiswa ini merupakan bagian dari pentasyarufan dana zakat infaq dan sodaqoh yang dihimpun Baznas Kota Yogya.

Kali ini Baznas Kota Yogyakarta memberikan bantuan kepada Erika Destianti Sobar siswi SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta dan Danny Yulio Putra Sejati siswa SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.

Pelaksana Bidang II Baznas Kota Yogya, Cahyo Hatmoko mengatakan bantuan pendidikan tersebut seluruhnya berjumlah sejumlah Rp.2.250.000. "Untuk Erika Destianti Sobari, sejumlah Rp.1,5 juta dan Danny Yulio Putra Sejati, sejumlah Rp.750 ribu," bebernya di Balaikota Yogyakarta, Jumat (26/8/2022).

Sebelumnya, lanjut Cahyo Hatmoko, di bulan yang sama Baznas Kota Yogya juga telah menyalurkan bantuan beasiswa kepada tiga siswa Kota Yogya. "Penyaluran bantuan ini mulai jenjang TK hingga SMP, harapannya dengan adanya beasiswa ini, anak-anak tidak putus sekolah karena faktor ekonomi," bebernya.

Pihaknya pun meminta agar beasiswa tersebut dapat dimanfaatkan untuk membeli peralatan dan perlengkapan sekolah seperti seragam, sepatu, tas dan buku-buku pelajaran sehingga sangat bermanfaat bagi anak-anak tersebut.

Cahyo Hatmoko mengatakan bantuan pendidikan tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkot dan Baznas Kota Yogya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Yogya. "Supaya mereka tidak tetap bisa sekolah dan memiliki masa depan yang baik," ungkapnya.

Tak lupa ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga Kota Yogyakarta yang telah berzakat melalui Baznas Kota Yogya sehingga bantuan untuk siswa dhuafa dapat terlaksana.

“Alhamdulillah program beasiswa ini bisa terlaksana berkat dukungan dari masyarakat. Hal itu mendorong kami untuk mengoptimalkan program ini agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas lagi,” imbuhnya. (Han)