Posyandu Kunci 2 Golo Siap Jadi Juara Lomba Posyandu Tingkat Kota Yogya

Umbulharjo-Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kunci 2 Golo, Kelurahan Pandeyan mewakili Kemantren Umbulharjo maju dalam lomba Posyandu Ke Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2022.

Dipilihnya posyandu Kunci 2 Golo karena beberapa waktu lalu posyandu ini telah memenangkan lomba administrasi pokja posyandu 2022 lingkup Kemantren Umbulharjo.

"Posyandu Kunci 2 Golo memiliki cakupan data paling lengkap, inovasi ataupun partisipasi  kader juga sangat tinggi," kata Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq, Selasa (30/8/2022) di Golo, Pandeyan.

Rajwan mengungkapkan di Kemantren Umbulharjo memiliki 92 Posyandu pada 7 Kelurahan, menurutnya lomba ini sekaligus menjadi pendorong bagi posyandu lainnya agar dapat mewujudkan posyandu yang tertib dan lengkap administrasi.

"Kegiatan Posyandu di wilayah Umbulharjo selama ini telah terlaksana dengan baik. Hampir tiap RW memiliki Posyandu dan ada warga yang menjadi penanggungjawabnya," jelasnya.

Diharapkan Kelurahan Pandeyan dapat memaksimalkan pengisian data secara lengkap dan akurat agar dapat meraih hasil yang maksimal.

Sementara itu Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogya, Suni Fatmah mengatakan lomba ini untuk memberikan semangat dan motivasi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak di Kota Yogyakarta.

”Kegiatan lomba posyandu juga dapat dijadikan media pembinaan, komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, khususnya diantara kader posyandu,” ungkapnya.

Dalam lomba ini kriteria yang dinilai tidak hanya dari kinerja kader saja, namun lebih luas, seperti apakah seluruh pemangku kebijakan ikut terlibat atau tidak.

"Keterlibatan seluruh stakeholder yang ada juga sangat penting, karena kesehatan ibu dan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab kader posyandu saja, namun semua pihak," bebernya. (Han)