Bappeda Ajak Mahasiswa Ikut Anugerah Inovasi dan Penelitian Kota Yogya 2022

 


Untuk meningkatkan penelitian dan inovasi di Kota Yogyakarta Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta mengadakan Anugerah Inovasi dan Penelitian Kota Yogyakarta Tahun 2022. Anugerah Inovasi dan Penelitian (AIP) dengan tema 'Peningkatan Ekonomi Kreatif Berbasis Pariwisata Budaya untuk Keberdayaan Masyarakat' sebagai apresiasi Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap karya inovasi dan penelitian yang sudah dilakukan oleh masyarakat di lingkungan Kota Yogyakarta.

Peserta lomba ini menyasar pada mahasiswa dan masyarakat yang ber KTP Kota Yogyakarta atau yang berdomisili, berlokasi kerja  di Kota Yogyakarta serta mempunyai karya yang dapat menjadi solusi permasalahan Kota Yogyakarta dengan mendaftarkan individu atau kelompok maksimal peserta lima orang.

"Dengan adanya Anugerah Inovasi dan Penelitian ini diharapkan mampu mendorong terciptanya iklim inovasi dan penelitian pada masyarakat Kota Yogyakarta," ujar Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda Bappeda Kota Yogyakarta Mustika Partiwi, dalam Sosialisasi AIP pada Selasa (30/8).

Kegiatan Anugerah Inovasi dan Penelitian ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 77 Tahun 2020 tentang Inovasi Daerah. 

Pelaksanaan ini diharapkan dapat mendorong kreativitas mahasiswa dan masyarakat untuk menciptakan atau menambah nilai suatu produk atau cara baru dalam penyelesaian permasalahan, isu-isu strategis, serta ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga terwujud iklim inovasi dan penelitian di lingkungan masyarakat.

"Harapannya kegiatan ini dapat  mendorong mahasiswa dan masyarakat untuk peka dan kritis terhadap permasalahan yang ada disekitarnya, sehingga dapat berperan aktif melalui pemikiran-pemikiran ilmiah," jelasnya.

Untuk pendaftaran AIP Tahun 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2022 hingga 30 September 2022 dengan mengumpulkan makalah inovasi atau penelitian melalui alamat inovasi.jogjakoya.go.id

Setelah itu nantinya di tanggal 1 November 2022 akan diumumkan finalis AIP 2022 dan di tanggal 7-10 November 2022 pengumuman Grand Final AIP. Selanjutnya penetapan pemenang AIP 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 17 November 2022. Untuk informasi pendaftaran bisa dilihat di laman http://campsite.bio/aipjogjakota atau bisa ke laman instagram @aipjogjakota.

AIP tahun 2022 ini memberikan total hadiah sebesar Rp 48 juta. Untuk Juara I mendapatkan Rp 5 juta, Juara II hadiah Rp 4 juta, dan Juara III mendapatkan Rp 3 juta. Pemenang juga akan mendapatkan medali dan sertifikat AIP 2022.

Sementara itu, salah satu mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Kota Yogyakarta yang mengikuti sosialisasi Anugerah Inovasi dan Penelitian Khoiril Lailin Iza mengatakan, acara yang sedang di adakan ini sangat luar biasa, di mana hal tersebut menggugah masyarakat dan para pelajar untuk sadar akan kemajuan serta solusi yang akan dijawab dalam satu tahun kedepan terhadap perkembangan Kota Yogyakarta. 

"Alhamdulillah banyak sekali yang didapat selama sosialisasi, kita mengerti bahwa ada event-event penelitian di luar kampus. Selain itu juga lebih menambah semangat saya untuk terus berkarya, serta menambah relasi tentunya," jelasnya.

Ia berharap, kegiatan ini  memberikan pemahaman mengenai kepekaan terhadap sekitar dan memecahkan masalah serta menambah keinginan para masyarakat dan mahasiswa untuk mengikuti dan bersama memajukan pembangunan Kota Yogyakarta. (Hes)