Kembangkan Bakat Siswa Lewat Menulis dan Baca

 

Jetis - Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menghadiri Semarak Voxpayana ke-44 HUT SMP Negeri 12 sekaligus launching buku yang dibuat oleh Guru dan Siswa, Jumat (4/8) di Halaman SMP Negeri 12 Yogya. Sumadi berharap para siswa dapat mengembangkan bakatnya dan berprestasi lewat menulis dan membaca.

"Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk terus menuntut ilmu agar bermanfaat di masa remaja. Gali ilmu sebanyak mungkin tetapi juga menyeimbangkan dengan ilmu agama. Selain itu, contohlah teman-teman sebaya untuk ikut berprestasi salah satunya dengan menulis," jelasnya.

Ia juga menjelaskan predikat Kota Yogyakarta yang menjadi Kota Layak Anak tingkat utama perlu didukung  banyak pihak salah satunya dari siswa-siswi di Kota Yogyakarta agar predikat tersebut menjadi semangat untuk terus mengembangkan potensi diri dengan menjauhi perilaku-perilaku negatif dan mendekati perilaku positif.

"Persiapkan diri sebaik mungkin. Salah satunya dengan mematuhi aturan jam malam, hal ini agar anak-anak memanfaatkan waktunya untuk belajar. Apabila ada anak yang beraktifitas keliaran  tengah malam dan tujuan tidak jelas, maka akan kami tindaklanjuti. Bukan karena pemerintah kejam tetapi agar anak-anak produktif  dan tidak melakukan hal negatif seperti klitih," ungkapnya.


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori menyampaikan, dengan bertambahnya usia diharapkan tercipta ruang belajar yang nyaman dengan segala fasilitas sekolah yang dapat mendukung perkembangan anak sehingga banyak siswa berprestasi di SMP Negeri 12 Yogyakarta. "Ciptakan suasana yang nyaman, dimulai dari keluarga dan kegiatan pribadi ibu guru sehingga tercipta ruang belajar yang kondusif yang mampu mendorong tumbuh kembang anak. Selain itu mengembangkan literasi bisa dimulai kapanpun, sehingga siswa siswi senang membaca bahkan dapat membuat buku dari tulisan mereka sendiri yang dapat membanggakan keluarga, sekolah dan diri sendiri," ujarnya.

Salah satu siswi berprestasi dengan hobinya menulis, Abinaya Ghina Jamela siswi kelas 7 memiliki buku-buku hasil tulisannya yang menjadi kebanggan sekolah. Salah satunya judul puisi yang dibuat adalah Resep Membuat Jagat Raya (2017). Tak hanya itu segudang prestasi lainnya antara lain menjadi finalis Kusala Sastra Khatulistiwa (2017), buku puisi terfavorit anugerah pembaca Indonesia Goodreads Indonesia.

Selain itu, Abinaya merupakan salah satu penggagas berdirinya komunitas Rumah Kreatif Naya dan komunitas Sahabat Gorga. ''Tergerak untuk membantu teman-teman sebaya agar bisa membaca buku yang berkualitas dan menulis dengan cerdas,kreatif, dan kritis tetapi tidak meninggalkan sisi kekhasan anak-anak. Semoga banyak teman-teman yang juga berprestasi dengan menulis," jelasnya. (Hes)