Penjabat Walikota Beri Semangat Atlet Porda   

SLEMAN- Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menyaksikan langsung pertandingan beberapa cabang olahraga dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY XVI. Kehadiran itu sebagai bentuk penyemangat bagi kontingen Kota Yogyakarta. Para atlet diharapkan tetap semangat dan berusaha maksimal dalam pertandingan Porda DIY tahun ini.

Sumadi mengapresiasi para atlet dari Kota Yogyakarta yang telah bertanding dalam Porda DIY XVI. Terutama atlet-atlet yang berhasil meraih medali. Meskipun perolehan total medali Kota Yogyakarta berada di rangking tiga, namun masih ada sisa waktu untuk mengejar prestasi dan juara Porda DIY XVI. 

“Ini masih hari ketiga (Porda), kita masih punya beberapa hari lagi ke depan. Harapan saya pada teman-teman atlet Yogya untuk tetap semangat dan tetap berusaha maksimal,” kata Sumadi ditemui di sela pertandingan cabang olahraga atletik Porda DIY XVI, di Stadion UNY, Minggu (4/9/2022) sore.

Menurutnya dari melihat pertandingan beberapa cabang olahraga dalam Porda DIY, para atlet Kota Yogyakarta masih mempunyai potensi untuk juara. Termasuk mendulang medali emas. Porda juga menjadi ajang untuk mengukur capaian berlatih dan meningkatkan prestasi. Terutama maju dalam ajang kompetisi olahraga tingkat nasional.

“Saya harap ini juga menjadi ajang mereka (atlet) untuk terus berlatih dan maju ke tingkatan yang lebih tinggi dan lebih baik seperti PON dan sebagainya,” imbuh Sumadi.

Berdasarkan data perolehan medali Porda DIY XVI di laman Koni DIY sampai Minggu (4/9/2022) pukul 20.49 WIB, total medali yang diraih Kota Yogyakarta sebanyak 126 medali. Rinciannya 43 medali emas, 41 perak dan 42 perunggu. Dengan capaian total medali itu, Kota Yogyakarta menempati peringkat 3 dibandingkan kabupaten lain.

Pada kesempatan itu Sumadi juga diminta menyerahkan medali kepada para atlet pemenang pertandingan lari 200 meter putra dan putri. Dalam cabang olahraga atletik, para atlet Kota Yogyakarta setidaknya menyumbangkan 7 medali emas tahun ini. Medali emas tersebut di antaranya dari, pertandingan lari 100 meter, lari 200 meter putra dan putri, lari 400 meter putri, serta lari halang rintang.

Salah seorang atlet peraih medali emas, Rahma Anisa (23) bersyukur karena bisa menyabet 2 medali emas yaitu lari 200 meter dan 400 meter dalam Porda DIY tahun ini. Hasil pertandingan itu memotivasinya untuk terus meningkatkan diri dalam lari. Prestasi lari lain yang pernah diraih Rahma yakni medali perak PON, perunggu Asean University Games dan emas kejurnas.

“Bersyukur sekali dengan hasil yang didapatkan. Hasil pertandingan ini bisa menjadi bahan evaluasi saya dan coach Ivan selaku pelatih saya untuk program ke depan. Apa lagi tahun depan sudah mulai pra PON juga,” tutur Rahma warga Mantrijeron itu.

Hal senada juga disampaikan Yunian Fuadi (20) yang menyumbangkan medali emas untuk lari 200 meter. Warga Gondomanan itu senang dan bersyukur karena bisa meraih prestasi pertama di ajang kompetisi olahraga yang diikutinya. “Ini untuk pengalaman jadi saya lebih baik lebih giat lagi. Harapan terus memotivasi. saya nanti ke depan bisa nasional dan internasional,” tandas Fuadi.(Tri)