Kualitas Pengadaan Barang dan Jasa Cerminkan Akuntabilitas Pemerintahan

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Yogya (BPKSDM) menggelar diklat Pengadaan Barang dan Jasa. Acara ini juga menggandeng Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY. Diklat yang digelar di hotel @Home ini dibagi menjadi tiga angkatan dengan jumlah seluruh pesertanya mencapai 150 ASN.

Untuk angkatan pertama dan kedua sudah berjalan pada bulan Agustus 2022 lalu, sedangkan angkatan ketiga digelar mulai hari, Senin 5 September hingga 8 September 2022.

Diklat ini dibuka oleh Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, pada kesempatan tersebut ia menyampaikan bahwa kualitas pengadaan barang jasa pemerintah menjadi salah satu etalase akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. 

Tertatanya mekanisme prosedur dan proses pengadaan barang jasa yang kredibel menjadi cermin tata kelola pemerintahan, baik dari sisi efesiensi, efektifitas, transparansi dan keterbukaan maupun dari sisi penganggaran.

"Oleh karena itu hal pertama yang dilakukan adalah penguatan SDM pengadaan yang saat ini dilaksanakan oleh BKPSDM Kota Yogya, serta sebagai langkah komitmen meningkatkan kompetensi ASN," ujarnya.

Pihaknya menegaskan bahwa kesuksesan pembangunan salah satu diantaranya dipengaruhi kualitas SDM. Menurutnya, kualitas atau profesionalisme SDM ASN tersebut ditandai dengan terpenuhinya kompetensi dan integritas dalam pelaksanaan pengadaan barang jasa pemerintah yang berjalan secara efektif dan efisien serta tidak menyimpang dari ketentuan dan peraturan yang berlaku.

"Kita ketahui bersama bahwa saat ini Kota Yogyakarta telah memperoleh opini WTP 13 kali berturut- turut. Tentunya ini menjadi salah satu indikator penyelenggaraan pemerintahan yang baik bagi Pemkot Yogya," jelasnya.

Diakhir sambutannya, Aman berpesan agar para peserta untuk mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya. “Ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Saya berharap semua peserta lulus dengan nilai memuaskan,” pesannya. (Han)