Warga Kota Yogya Antusias Ikuti Vaksin Rabies Gratis

 


Gondomanan - Antusias warga Prawirodirjan Kota Yogyakarta sangat tinggi mengikuti vaksin rabies gratis dari Bidang Perikanan dan Kehewanan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota (DPP) Yogyakarta yang sudah di mulai sejak tanggal 1-28 September 2022. Hingga saat ini, jumlah vaksin rabies yang sudah diberikan ke hewan sebanyak 275 ekor. Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan, Dinas Pertanian dan Pangan Sri Panggarti mengatakan stok vaksin masih aman sehingga diharapkan masyarakat yang ingin vaksin peliharaannya seperti kucing, anjing ataupun kera bisa merapat ke lokasi yang sudah disediakan.

"Untuk yang di Kelurahan Prawirodirjan hari ini sudah terealisasi 54 ekor, jika ada yang belum sempat datang ke kelurahan masih ada pilihan untuk datang langsung ke tempat praktik mandiri atau poliklinik hewan di Giwangan Jalan Tegal Turi Yogyakarta," ungkap Panggarti, Senin (5/9).
 
Medik Veteriner DPP Kota Yogyakarta Drh Imam Abror mengatakan, untuk yang tervaksin tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya. Namun antusias pemilik hewan yang baru melakukan vaksin rabies yang lebih dominan. "Untuk tahun ini hampir sama dengan sebelumnya kurang lebih 50 hewan yang di vaksin. Hanya saja banyak yang langsung datang ketempat. Untuk yang mendaftar secara online hanya beberapa orang," ujarnya.

Selain itu, Imam mengatakan pemilik hewan yang mengikuti vaksin tahun ini kebanyakan adalah orang baru. Namun untuk pemilik hewan yang sudah pernah vaksin di Balai RW 2 Prawirodirjan pun juga ada. "Ada yang baru ada juga yang lama, ada juga yang tidak datang tahun lalu. Tetapi kebanyakan adalah pemilik hewan baru yang tau program vaksin rabies melalui online dan share melalui grup Kelurahan," jelasnya.

Sementara salah satu pemilik hewan Rara mengatakan, pihaknya baru pertama kali mengikuti vaksin rabies yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Ia berharap, vaksin rabies ini terus dilaksanakan sehingga akan banyak lagi pemilik hewan yang memvaksinasikan peliharaannya sesuai dengan wilayah yang sudah ditetapkan.

"Baru pertama ikut vaksin rabies ini. Senang sekali ada program ini, hari ini ada dua ekor yang saya bawa karena belum pernah di vaksin rabies jadi ada program dari pemerintah akhirnya saya mendaftar melalui online. Di tahun yang akan datang saya akan ikut lagi," jelasnya. (Hes)