Penanaman Pohon Dukung Lingkungan Embung Giwangan   

UMBULHARJO- Jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Kodim 0734 Yogyakarta dan masyarakat menanam pohon di kawasan Embung Giwangan. Pemerintah Kota Yogyakarta mengapresiasi kegiatan menanam pohon yang diadakan Kodim 0734 Yogyakarta itu karena mendukung lingkungan di Embung Giwangan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0734 Kota Yogyakarta yang telah memberikan dukungan nyata bagi program Pemkot Yogyakarta berkaitan dengan lingkungan hidup,” kata Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya, saat kegiatan penanaman pohon di Embung Giwangan, Rabu (7/9/2022).

Menurutnya pilihan Kodim 0734 untuk mengadakan penanaman pohon di Embung Giwangan menjadi pilihan yang sangat strategis. Mengingat kawasan Embung Giwangan akan digunakan untuk banyak kepentingan. Misalnya kepentingan lingkungan hidup karena embung menjadi daerah tangkapan air sekaligus meminimalisir potensi banjir di kawasan selatan Yogya.

Selain itu kepentingan pengembangan budaya karena akan dibangun taman budaya di Embung Giwangan. Aman menyebut rencana pembangunan taman budaya akan dimulai tahun 2023, tapi diundur pada 2024 karena mempertimbangkan terkait kemampuan anggaran Pemkot Yogyakarta.

“Di Embung Giwangan juga akan dibangun taman budaya. Artinya kawasan Embung Giwangan akan menjadi kawasan yang sangat penting. Berkaitan dengan lingkungan hidup maupun konsentrasi pengembangan kebudayaan di Yogyakarta,” tambahnya.

Kegiatan penanaman pohon yang diadakan Kodim 0734 Yogyakarta juga memberikan manfaat dari lingkungan dan daya dukung rencana pembangunan taman budaya di Embung Giwangan. Keberadaan Embung Giwangan akan menjadi ruang publik masyarakat. Sampai kini kawasan Embung Giwangan belum dibuka untuk masyarakat umum karena proses pembangunan belum tuntas.

“Tentu kita sangat berharap ini menjadi ruang publik masyarakat. Kehadiran ruang terbuka publik yang ada di Embung giwangan akan memberikan kontribusi bagi kepentingan menjaga stabilitas sosial,” ucap Aman.

Sementara itu dalam sambutan tertulis Komandan Kodim 0734 Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto, yang dibacakan oleh Perwira Seksi Teritorial Kodim 0734 Mayor Inf Dhedyk Hartono mengatakan, institusi TNI Angkatan Darat berperan aktif membantu pelestarian dan peningkatan fungsi lingkungan hidup  yang berada di setiap komando kewilayahan, melalui program pembinaan lingkungan hidup tahun 2022. Diharapkan kegiatan itu dapat melibatkan komponen lainnya untuk bersama-sama menjaga keseimbangan alam dan dilaksanakan secara berkesinambungan,

“Tujuan dari kegiatan penanaman pohon ini untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara fungsi lingkungan dan pemanfaatannya. Termasuk fungsi hutan, sumber daya alam, daerah aliran sungai dan sumber-sumber kehidupan lainnya,” terang Mayor Inf Dhedyk.

Sejumlah pohon yang ditanam dalam kegiatan penanaman pohon di Embung Giwangan di antaranya alpukat, mangga, kelengkeng, cemara dan ketapang. Pihaknya mengajak semua komponen agar menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk menjamin keberlangsungan kehidupan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem. Terutama agar tercapai keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup untuk diwariskan pada anak cucu ke depan. (Tri)