Siswa SD di Kota Yogya Ikuti Aksi Sikat Gigi Serentak

Tegalrejo-Untuk memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) Tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Yogyakarta menggelar acara Sikat Gigi Bersama Anak Indonesia di delapan Sekolah Dasar (SD) di Kota Yogya secara serentak.

Delapan SD tersebut yakni SDN Tegalrejo 1, SDN Karanganyar Mergangsan, SDN Kyai Mojo Jetis, SD Muhammadiyah Sapen Kraton, SDN Demangan Gondokusuman, SDN Gedongkiwo Mantrijeron, SDN Margoyasan Pakualaman, serta SDN Sayidan Gondomanan, dengan jumlah total seluruh siswa mencapai 1549 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut siswa SD di Kota Yogyakarta.

Emma mengungkapkan kegiatan ini sangat penting karena sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mengedukasi anak-anak usia SD akan pentingnya menyikat gigi secara baik dan benar, sebagai bagian dari pemeliharaan kesehatan gigi, yang mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

"Kesehatan gigi bagi anak-anak dan generasi muda sangat penting karena berkaitan dengan kecerdasan, dan juga bisa berpengaruh pada prestasi belajar, karena kalau sakit gigi, anak-anak akan sulit konsentrasi dalam belajar," jelasnya di SDN Tegalrejo 1, Senin (12/9/2022).

Selain itu, lanjutnya, kesehatan gigi dan mulut juga berkaitan dengan pencegahan stunting. Karena apabila gigi keropos, maka pencernaan menjadi tidak maksimal, sehingga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh juga tidak maksimal. 

Menurutnya gigi dan mulut yang bermasalah bisa menimbulkan komplikasi serius, bukan hanya di gigi dan mulut, tapi juga di seluruh tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga kesehatan tubuh secara umum tetap terjaga.

"Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh sehingga menjadi salah satu penunjang kesejahteraan masyarakat, terutama di bidang kesehatan," katanya.

Sementara itu mewakili Penjabat Walikota, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menyambut baik acara tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan akan membangun Indonesia dari segi kesehatan secara keseluruhan.

"Kami berharap agar seluruh masyarakat Kota Yogya dari berbagai kalangan mengetahui pentingnya dan menjaga kesehatan gigi dan mulut tak terkecuali anak-anak SD yang sudah harus dibiasakan menjaga kesehatan gigi dan mulut," katanya. (Han)