Hari Kunjung Perpustakaan Momentum Tingkatkan Literasi   

GONDOKUSUMAN- Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2022. Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan setiap 14 September itu menjadi momentum untuk mengajak masyarakat mengunjungi perpustakaan dan meningkatkan literasi.

“Dengan kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan kita berharap bahwa kesadaran masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan semakin meningkat,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Suryatmi, di sela kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan, di Perpustakaan Kotabaru, Rabu (14/9/2022).

Dia menyebut tingkat kunjungan di Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kotabaru selama masa pandemi sekitar 200 orang/hari dan Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan Kota Yogyakarta (Pevita) sekitar 100 orang/hari. Jumlah kunjungan perpustakan itu meningkat dari tahun ke tahun meskipun di masa pandemi. Jam layanan Perpustakaan Kotabaru dan Pevita sebelum masa pandemi pernah sampai malam hari setiap hari.

“Masyarakat maunya sampai malam hari tapi karena kondisi kita belum memungkinkan jadi kami buka layanan sampai pukul 17.00 WIB selama pandemi,” ujarnya.

Menurutnya pada zaman sekarang kegiatan di perpustakaan tidak hanya membaca buku. Dengan perkembangan teknologi membaca bisa dilakukan di gadget melalui aplikasi dan sebagainya. Perpustakaan Kota Yogyakarta juga telah mengembangkan layanan berbasis digital. Selain itu program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di mana perpustakaan berfungsi sebagai sarana belajar sepanjang hayat.

“Masyarakat bisa mengembangkan potensi yang ada di pribadi atau wilayah masing-masing dari membaca buku terus bisa berkarya. Dari membaca buku itu akan sejahtera,” paparnya.

Dicontohkan produk-produk karya kampung-kampung baca yang dipamerkan dalam kegiatan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan. Produk dan potensi yang ditampilkan itu adalah hasil pembinaan literasi terapan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Misalnya pembinaan dan pendampingan kampung baca dalam pembuatan kue dan kain shibori.

“Kita memfasilitasi teman-teman kampung baca yang menghasilkan karya dan kita apresiasi di sini,” imbuh Suryatmi.

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar  Membaca tahun 2022 mengambil tema peran perpustakaan dalam mencerdaskan dan memberdayakan bangsa. Rangkaian kegiatan yang diadakan di antaranya wisata pengenalan literasi bagi siswa SD/MI di Perpustakaan Kota Yogyakarta, workshop aksara Jawa digital. Selain itu ada workshop konvensi hak anak dan sosialisasi layanan bagi penyandang disabilitas, Sabtu Seru di Perpustakaan Yogyakarta (Saskia) dan pameran hasil karya dari kampung baca di Yogyakarta. Termasuk apresiasi pemustaka dengan pemberian merchandise kepada masyarakat yang datang pada Hari Kunjung Perpustakaan.

Para pengunjung di Perpustakaan Kota Yogyakarta juga beragam. Meskipun kebanyakan anak muda, tapi ada pengunjung lanjut usia. Caryo Parmasto (69) misalnya yang hampir setiap hari berkunjung dan membaca koran, majalah dan buku di Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kotabaru untuk mengisi kegiatan masa pensiun. Warga Klitren Lor Gondokusuman itu menilai layanan dan koleksi di Perpustakaan Kota Yogyakarta sudah bagus.

“Bagus sekali. Ada perkembangan baru dan penambahan fasilitas baru. Saya harapkan terus menerus sehingga mencapai tingkat kepuasan sesuai  keinginan para pembaca. Saya ini pensiunan saya ingin mengisi waktu yang bermanfaat ke Perpustakaan Kota. Dengan saya rutin ke perpustakaan menjadikan saya sehat, jasmani rohani dan pikiran,” pungkas Caryo.(Tri)