Perkuat Literasi Digital, Guru di Kota Yogya Ikuti Workshop Internet Sehat

Umbulharjo – Kemajuan teknologi digital pada akhirnya membawa setiap bidang dan generasi untuk terlibat. Termasuk dunia pendidikan yang tidak akan lepas dari pengaruh tersebut. Maka dari itu literasi digital merupakan modal penting bagi setiap guru, tenaga pendidik dan juga siswa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, pada acara Workshop Internet Sehat yang diadakan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta, Rabu (14/9) di Gaia Cosmo.

Aman Yuriadijaya mengatakan, dengan kehadiran internet di masa sekarang bisa dimanfaatkan dalam membangun kemajuan pendidikan. Dengan catatan, internet itu dijadikan sebagai media pendukung dan partner dalam menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah.

“Internet ini ketika dimanfaatkan dengan bijak maka bisa menjadi partner kita dalam membangun pendidikan di Kota Yogya yang berkarakter. Meski tetap harus waspada karena internet juga bisa menjadi ancaman. Maka harapannya melalui pelatihan ini para guru bisa mendapatkan bekal bagaimana menggunakan internet untuk menunjang proses mengajar di sekolah,” ujarnya.

Kemudian Aman Yuriadijaya menambahkan, setiap perwakilan guru yang mengikuti pelatihan selanjutnya akan menjadi agen dan perpanjangan tangan bagi guru lain di sekolahnya, untuk membagikan ilmu dan wawasan yang didapatkan kaitannya dengan penggunaan internet dalam menunjang proses mengajar.

Kepala Dinkominfosan Ignatius Trihastono dalam laporannya mepaparkan, kegiatan ini dilaksanakan berangkat dari peran guru sebagai perwakilan orang tua di sekolah, guru garda terdepan dalam dunia pendidikan harus memiliki dan meningkatkan kompetensi dalam menghadapi era pendidikan 4.0.

“Peserta didik yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi yang tidak asing lagi dengan dunia digital, sudah terbiasa dengan dengan arus informasi yang cepat dan beragam. Dengan mengetahui dampak positif dan negatif internet untuk siswa, maka guru yang juga berperan sebagai orang tua dapat lebih bijak dalam melakukan pendampingan. Supaya penggunaan internet bisa menjadi media pengembangan potensi siswa,” jelasnya.

Ignatius Trihastono juga menyampaikan, penyelenggaraan Workshop Internet Sehat menyasar guru perwakilan dari setiap Sekolah Dasar dan Menengah Pertama di Kota Yogya. Kurang lebih 200 guru yang pelaksanaannya dibagi dalam dua hari yaitu Rabu dan Kamis, 14 dan 15 September 2022.

Dalam kegiatan Workshop Internet Sehat dimoderatori oleh Kepala Bidang Persandian dan Telekomunikasi Dinkominfosan Kota Yogyakarta Tri Haryanto, dengan menghadirkan narasumber Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Yustinus Keliek Mulyono, Akademisi dan Pakar Teknologi Informasi Wing Wahyu Winarno, dan Praktisi Komunikasi Magdalena Bheti Krisindawati. (Jul)