Pelatihan Desain Grafis Ajak Pemuda Lebih Kreatif

 


Mantrijeron - Dalam era milenial dan digital saat ini, dunia desain mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk itu, dalam upaya meningkatkan potensi kreativitas pemuda dalam bidang desain grafis, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta menggelar Pelatihan Kreativitas kepemudaan Kota Yogyakarta tahun 2022 yang dilaksanakan pada 16-18 September 2022. 

Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang peserta ini merupakan pilihan dari perwakilan 14 Kemantren Se-Kota Yogyakarta. Mereka diajak untuk belajar desain grafis diharapkan dapat bermanfaat bagi diri mereka, keluarga ataupun lingkungan sekitar.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya. Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial. 

"Semoga pemuda dan pemudi perwakilan yang datang dari berbagai unsur ini dapat semakin luas akses yang bisa dilakukan dan didapatkan setelah mengikuti pelatihan ini. Ke depannya para peserta diharapkan dapat menjadi conto dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar," jelas Aman saat sambutan Jumat (15/9) di Hotel Grand Palace Yogyakarta.

Para pemuda yang dipilih merupakan pemuda yang produktif. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas pemuda khususnya pada kemampuan desain grafis CorelDRAW guna meningkatkan kreatifitas. 

"Saya berharap, setelah pelatihan ini pemuda pemudi dapat praktek dan memberikan hasil prakteknya kepada panitia. Agar dapat dilihat apakah pelatihan ini efektif. Jika banyak yang antusias maka pelatihan ini sangat bermanfaat dan efektif. Ke depannya akan diberikan pelatihan-pelatihan yang menarik tentunya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dindikpora Kota Yogyakarta Agus Trimadi mengatakan, dalam pelatihan ini pemuda diajak untuk menyampaikan ide dan gagasan dalam upaya untuk membangun generasi muda melalui kreativitas desain grafis.

 ''Tentu ini memerlukan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang dituangkan dalam bentuk spanduk, poster, undangan. Ini semua dapat dilakukan, jika kita dapat menguasai atau memiliki kemampuan desain grafis yang baik," jelasnya.

Tambahnya, ke depannya akan dibuat pameran khusus untuk memberikan apresiasi pemuda agar pelatihan-pelatihan yang diberikan hasilnya bisa dinikmati untuk dilihat dan dapat meningkatkan semangat pemuda lainnya dalam meningkatkan kreativitas.

"Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas serta bisa sebagai ajang berwirausaha dalam bidang desain agar nantinya para pemuda lebih mandiri dan menjadi kebanggaan Kota Yogyakarta," ujarnya. (Hes)