Pentingnya Kompetensi dan Integritas SDM Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta menggelar diklat Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (PBJP) Level 1 angkatan 5 di Hotel H-Boutique, Senin (19/9/2022).

Kepala BKPSDM Kota Yogya, Dedi Budiono mengatakan tujuan pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, serta untuk menumbuhkan sikap profesional para ASN dalam menjalankan tugas mereka.

"Angkatan 5 ini adalah angkatan terakhir diklat PBJP tahun ini, seluruh peserta mulai dari angkatan pertama sampai terakhir ini berjumlah 150 orang, tiap angkatan diikuti 30 peserta," bebernya.

Dedi Budiono berharap seluruh peserta dapat mengikuti dengan baik dan meraih hasil yang maksimal.

Agenda tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya. Dalam sambutannya, Aman mengatakan kesuksesan pembangunan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya oleh efektivitas pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Menurutnya, profesionalisme SDM PBJP ditandai dengan terpenuhinya kompetensi dan integritas. Bekal SDM pengadaan barang dan jasa dinilai tidak cukup jika hanya ditempa dengan pengetahuan yang unggul serta keahlian yang tak tertandingi.

"Upaya tersebut tetap memerlukan bekal kapasitas yang penting dan utama, yakni integritas," katanya.

Menurutnya proses pengadaan barang dan jasa merupakan unsur penting guna percepatan pembangunan di suatu daerah.

Karena dengan pengadaan barang dan jasa yang dilandaskan tata nilai pengadaan akan menciptakan penggunaan anggaran pembangunan yang tepat-guna dan berhasil-guna untuk mendorong pertumbuhan pembangunan daerah serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Peran ASN dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa memberikan dampak positif bagi terwujudnya sarana dan prasarana pembangunan yang berkualitas sehingga hasilnya benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," tandasnya. (Han)