Momentum Harhubnas 2022 Dorong Sektor Perhubungan untuk Pembangunan Ekonomi

Umbulharjo – Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi, memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-51, bertempat di Halaman Balai Kota Yogyakarta pada Rabu (21/9).

Upacara peringatan Harhubnas dengan tema "Bangkit Maju Bersama” ini diikuti oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Dalam amanatnya Pj Walikota Yogyakarta Sumadi menyampaikan, tema Hari Perhubungan Nasional tahun ini diharapkan menjadi spirit kebangkitan jasa transportasi setelah dihantam pandemi Covid-19. Selain itu juga bisa menjadi momentum yang tepat untuk melakukan instropeksi atas pelaksanaan tugas di sektor transportasi darat, laut, udara, dan perkeretaapian.

“Perhubungan merupakan sektor penting untuk mendukung aktivitas sektor lain seperti perdagangan, pendidikan, industri, dan pariwisata. Terutama di wilayah perkotaan, perkembangan dan pembangunan bidang perhubungan secara langsung mencerminkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi,” ujarnya.

Permasalahan transportasi lanjut Sumadi, setidaknya menyangkut kurangnya infrastruktur dan sarana transportasi umum yang layak, penggunaan kendaraan pribadi yang kurang efisien, dan rendahnya kesadaran pengendara. Ketiga hal tersebut kemudian berdampak pada kemacetan, polusi dan pencemaran lingkungan, serta kesehatan mental pengendara imbas dari kemacetan.

“Ketiga permasalahan transportasi tersebut juga terjadi di Kota Yogyakarta, sehingga membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Salah satunya dengan Area Traffic Control System (ATCS) yang akan dipasang di seluruh simpang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di Kota Yogyakarta,” lanjutnya.

Sumadi juga menambahkan, Pemkot Yogyakarta bersama dengan Dinas Perhubungan dan Polresta Yogyakarta secara rutin menyelenggarakan operasi gabungan parkir liar agar pengguna jalan taat rambu lalu lintas, sebagai bagian dari upaya menurunkan angka kecelakaan dan kemacetan di Kota Yogyakarta.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan Harhubnas juga dilakukan pembagian Surat Keputusan Pensiun bagi 16 pegawai di lingkungan Pemkot Yogyakarta yang akan purna tugas per 1 Oktober 2022 mendatang. Salah satunya adalah Dokter Gigi di RSUD Kota Yogyakarta Slamet Imbi Subagyo.

Dokter Gigi yang sudah mengabdi sejak 25 tahun silam ini berharap, dengan adanya kemajuan teknologi digital yang begitu cepat bisa mendorong pelayanan publik yang lebih cepat dan berkualitas kepada masyarakat.

“Untuk rekan-rekan yang masih bertugas teruslah berkarya dan adaptif dengan setiap perubahan yang terjadi, terutama di era digital ini. Tetaplah bekerja dengan sebaik mungkin untuk mengabdi pada negeri, pada Kota Yogyakarta, dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” ungkapnya. (Jul)