HUT ke-266 Kota Jogja Usung Sulih Pulih Luwih

UMBULHARJO- Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja. Masyarakat diajak untuk berpartisipasi menyemarakan dan merasakan semangat HUT Kota Jogja tahun 2022 yang mengusung tema Sulih Pulih Luwih.

“Kita ingin memastikan ulang tahun Kota Yogyakarta adalah ulang tahunnya seluruh masyarakat Kota Yogyakarta. Maka rangkaian acara ulang tahun Kota Yogyakarta merupakan gambaran kolaborasi aktivitas yang diikuti komponen masyarakat Kota Yogyakarta,” kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat jumpa pers rangkaian HUT ke-266 Kota Jogja di Balaikota, Senin (26/9/2022).

Menurutnya, HUT ke-266 Kota Jogja merupakan ulang tahun yang relatif spesial karena berada di ruang transisi antara pandemi Covid-19 menuju situasi endemi. Oleh sebab itu semangat yang terbangun dari HUT ke-266 Kota Jogja adalah semangat untuk menunjukan tekad bersama bangkit kembali menuju pada situasi normal dan kondusif sebagaimana masa sebelum pandemi Covid-19.

“Itu terepresentasikan pada tema HUT Kota Yogyakarta tahun ini, sulih pulih luwih. Ini adalah momentum untuk menunjukan tekad bersama menyongsong situasi kembali  optimistik menghadapi pasca pandemi Covid-19,” tegasnya

Tema sulih pulih luwih menggambarkan kondisi Kota Yogyakarta saat ini yang berhasil melewati pandemi dengan fase lebih baik. Tema itu diambil dari bahasa Jawa, sulih berati berganti, pulih berarti sembuh dan luwih artinya lebih. Kota Yogyakarta bisa memulihkan diri sendiri, tapi tetap juga bisa produktif dan mendapatkan sesuatu yang lebih.

Aman menyampaikan rangkaian HUT ke-266 Kota Jogja menjadi bagian untuk menciptakan atmosfer kebanggaan seluruh komponen masyarakat. Untuk itu kegiatan peringatan dibuat sebagai rangkaian agar greget kebersamaan masyarakat lebih terlihat.

“Itu menjadi kebanggaan bagi semua. Greget atau atmosfer yang menunjukan Yogya ini sedang ulang tahun,” imbuh Aman.

Sementara itu Asisten Administrasi Umum Pemkot Yogyakarta, Kris Sarjono Sutejo mengatakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-266 Kota Jogja dimulai pada 1-9 Oktober 2022 dengan 14 jenis acara yang melibatkan berbagai masyarakat. Kegiatan diawali dengan peluncuran logo HUT ke-266 Kota Jogja pada 1 Oktober di Jakarta dan kawasan Kleringan Yogyakarta. Peluncuran logo di Jakarta itu bersamaan Kota Yogyakarta mengisi kegiatan Pesona Nusantara program dari DIY.

Selain itu kegiatan bersepeda YoGowes pada 2 Oktober, karnaval pelajar TK, SD dan SMP pada 3- 6 Oktober, kegiatan seni budaya Sekar Rinonce dan Malioboro seribu kelir pada 4 Oktober dan pameran UMKM Sekati ing Mall pada 5-10 Oktober di Galeria Mall, Malioboro Mall dan Lippo Mall. Di samping itu ada kegiatan Rumaket (ruang masyarakat bertemu) menampilkan pelaku seni budaya dan pentas band pada 5 Oktober di Malioboro, peluncuran Mall Pelayanan Publik 6 Oktober di Balai Kota Yogyakarta dan Gebyar Pameran Foto dan Keris di XT Square pada 6-9 Oktober 2022.

“Kegiatan YoGowes akan melibatkan berbagai komunitas sepeda di Yogya maupun luar Yogya serta OPD Pemkot Yogyakarta dan tokoh-tokoh masyarakat. Kami perkirakan peserta sekitar 2.500,” tambah Kris.

Puncak peringatan HUT ke-266 Kota Jogja yakni Wayang Jogja Night Carnival di kawasan Tugu Yogyakarta pada 7 Oktober. Peringatan HUT ke-266 Jogja juga dimeriahkan dengan kegiatan Mandiri Fashion Day di Pasar Beringharjo pada 8 Oktober, Malioboro Night Coffee di Jalan Jenderal Sudirman pada 8-9 Oktober. Rangkaian kegiatan ditutup dengan acara Malam Apresiasi HUT ke-266 Kota Jogja di Balai Kota Yogyakarta.

“Kegiatan Yogya Mandiri Fashion Day menampilkan fesyen show yang dilakukan oleh para komunitas pasar seperti pedagang, buruh gendong dan sebagainya,” pungkasnya.(Tri)