Chika Anak Muda Penggiat Wisata di Kota Yogya

Kota Yogyakarta terkenal dengan berbagai macam seni dan budaya menjadikan daya tarik yang luar biasa sebagai tempat tujuan untuk berwisata. Tidak hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Potensi wisata di Kota Yogyakarta ini berhasil ditangkap menjadi lahan bisnis oleh sejumlah anak muda.

Achika Afriyati (26) warga Kotagede berhasil merintis Chici Tour Travel sejak 2019 yang bergerak di bidang pariwisata. Pemuda kelahiran 1996 yang sering akrab Chika ini memiliki beberapa paket unggulan. Tiga paket wisata unggulannya antara lain walking tour berkeliling menikmati kearifan lokal Kota Yogyakarta. Paket silver course yaitu paket wisata yang mengajarkan keterampilan kerajinan perak khas Kotagede dan cooking course merupakan kelas memasak makanan khas Jawa.

Berbekal pengalaman bekerja di travel agent dan melihat potensi yang ada di sekeliling lingkungan Kotagede, mulai dari budaya masyarakatnya hingga situs bekas Kerajaan Mataram Islam. “Bahkan potensi seni dan kerajinan dari masyarakat yang sangat luar biasa inilah yang mendorong saya untuk terus aktif dan berinovasi,” ujar Chika.

Beralamat di Pekaten KG II 815 RT 43 RW 9 Prenggan Kotagede, wisatawan yang sudah menikmati paket wisata Chici Tour and Travel didominasi sekitar  90 persen dari mancanegara. Chika mengajak wisatawan jalan-jalan menelisih gang-gang kecil di Kotagede. Wisatawan juga diajak mengunjungi perajin lokal dengan ditemani local guide, mempelajari sejarah perak di Kotagede serta melihat seluruh proses pembuatan perak dan mempraktekkannya langsung dengan didampingi perajin.

“Perjalanan wisata ini tidak ada yang diubah, semuanya asli, authentic dan masih tradisional. Wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan warga sehingga pengalaman ini lah yg membuat nyaman,” jelasnya.

Chika mengikuti uji kompetensi Tour Leader agar Chici Tour and Travel semakin terpercaya dan kompeten dengan sertifikat Tour Operation. "Sejauh ini alhamdulillah sudah berjalan cukup baik untuk paket-paket yang sudah ada, tentu saya akan membuat paket-paket baru dengan berkolaborasi dengan kampung wisata sehingga potensi-potensi dapat di eksplor lebih detail, selain itu juga akan segera saya buat paket wisata heritage di luar Kotagede, seperti paket wisata sumbu filosofi Yogyakarta," tambahnya.

Pemuda lulusan SMK N 4 Yogyakarta memiliki hobi menulis puisi sejak kecil. Chika pernah mendapat juara I Lomba Baca Puisi tingkat SMA/SMK/MA Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2013, kemudian Juara 1 Lomba Bahasa dan Sastra Jawa SMK tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013.

Atas kerja keras dan ketekunannya, Chika berhasil mendapatkan juara I Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta 2022 di Bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata sebagai penggiat wisata. Tidak hanya itu, Chika juga akan mewakili Kota Yogyakarta untuk maju ke Jambore tingkat DIY.

"Untuk para pemuda Kota Yogyakarta, tetap semangat. Jangan ragu untuk mengeksplor bakatmu, kamu yang tau seberapa hebat kemampuanmu dan tunjukkan ke dunia bahwa kamu mampu," pesan Chika.