Kenalkan Pariwisata hingga Budaya Kota Yogya dalam Pesona Budaya Nusantara

Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata (Dispar) melaksanakan program kegiatan Pariwisata Jogja Day Table Top yang termasuk dalam rangkaian dari Pesona Budaya Nusantara, pada Kamis (29/9) di Anjungan DIY Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kepala Dispar Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, dalam sambutannya pada kegiatan yang bertajuk Jogja Day Table Top menyampaikan, di tahun ini pandemi Covid-19 mulai mereda, sektor pariwisata juga mulai bergeliat dan bergerak ke arah yang positif. Maka dari itu Jogja Day Table Top dilaksanakan untuk mempertemukan antara pelaku Pariwisata Kota Yogyakarta dan DKI Jakarta dalam forum bisnis berbentuk Table Top Bussiness to Bussines.

“Kegiatan hari ini merupakan salah satu kegiatan promosi pariwisata Kota Yogyakarta dengan melibatkan pemangku pariwisata di Kota Yogyakarta dan juga Provinsi DKI Jakarta. Kami mengajak 32 pelaku bisnis dari Hotel, Pusat Oleh-oleh, Restoran, serta Forkom Kampung Wisata untuk bertemu dengan 60 travel agent dari Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya melaksanakan kegiatan Table Top,” jelasnya.

Table Top lanjut Wahyu, pada dasarnya merupakan forum bisnis yang dirancang untuk mempertemukan antara pelaku industri pariwisata daerah pelaksana yaitu seller, dengan pelaku industri pariwisata daerah tujuan yaitu buyer.

"Pada kegiatan ini, para pelaku wisata akan menjual paket wisata dengan promo menarik. Sehingga, para pelaku buyers maupun seller merasakan pengalaman yang lebih menarik dan bisa menjalin kerjasama dengan banyak pilihan untuk mendapatkan penawaran terbaik,” ujarnya.

Wahyu juga mengatakan bahwa kegiatan Table Top ini juga menjadi peluang untuk pengusaha bangkit, setelah masa pandemi Covid-19 dua tahun lalu sempat membuat sektor pariwisata terpuruk. Begitu juga untuk membangun relasi, mengembangkan pasar UMKM dan memperluas jaringan pemasaran.

“Table Top ini bertujuan untuk memfasilitasi pelaku Usaha Jasa Pariwisata untuk menjual produk ke Pelaku Usaha Jasa Pariwisata luar daerah. Tentu saja kegiatan ini perlu dilaksanakan, sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang akan berdampak pada kemajuan usaha jasa pariwisata,” tambahnya.

Pesona Budaya Nusantara itu sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Badan Penghubung Daerah DIY yang menampilkan kebudayaan dan potensi dari kabupaten dan kota yang ada di DIY. Pada tahun 2022 ini yang berkesempatan untuk mengisi acara Pesona Budaya Nusantara adalah dari Kota Yogyakarta, di mana OPD pelaksananya adalah Dinas Kebudayaan.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari ke depan hingga 1 Oktober 2022, di mana di hari itu juga akan menjadi acara pembuka dari rangkaian HUT ke-266 Kota Yogyakarta ditandai dengan peluncuran logo. Selama kegiatan Pesona Budaya Nusantara akan diisi dengan festival kuliner, talkshow, permainan tradisional, pameran kerajinan, peragaan busana tradisional, hingga pentas seni tari, musik keroncong, kethoprak, dan wayang kulit. (Jul)