Lomba Vlog Demokrasi untuk Pelajar Kota Yogya

Pakualaman - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-266 Kota Jogja, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Vlog dan Karya Esai. Lomba ini bertema Inovasi Demokrasi dalam Perspektif Pelajar SMA/Sederajat di Kota Yogyakarta yang berlangsung sejak 19 September - 14 Oktober 2022.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogya Widiyastuti menjelaskan kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi para pelajar SMA sederajat se-Kota Yogyakarta agar generasi milineal mampu menyampaikan persepsi mereka tentang demokrasi dalam pemikiran mereka dan menjadi pelajar yang cerdas memahami, menyikapi dan menjalankan nilai-nilai demokrasi.

"Tujuannya kami ingin memberikan pendidikan politik kepada milenial dengan mengajak mereka berbicara tentang demokrasi," terang Widiyastuti di kantor Kesbangpol Kota Yogya pada Jumat (30/9).

Pemilihan lomba vlog dilatarbelakangi salah satu media yang sering digunakan anak muda. Dengan anak muda yang membuat vlog tentang demokrasi maka akan semakin banyak narasi positif demokrasi di sosial media. "Salah satu ketentuan dari kami, vlog ini diunggah di media sosial pribadi mereka dan mention ke akun media sosial kami akan membuat vlog itu semakin banyak dilihat dan didengar," tambah Widiyastuti.

Lomba esai atau karya tulis bertema demokrasi ini bertujuan agar anak muda dapat menyalurkan intelektualitas dan melatih kemampuan menulis gagasan secara ilmiah dan meningkatkan literasi politik. "Nantinya essay yang menjadi pemenang akan kami cetak dan kami sebarkan luaskan dengan e-book agar dapat dibaca oleh baca orang," jelasnya.

Penjurian untuk kegiatan ini bekerja sama dengan Komite Independen Sadar Pemilu (KISP). Reward untuk masing-masing pemenang di tiap lomba berupa uang saku. Juara pertama senilai Rp 5 juta, juara kedua senilai Rp 4,5 juta dan juara ketiga senilai Rp 4 juta serta juara harapan 1, 2, dan 3 senilai Rp 1 juta. 

"Lomba vlog dan esai ini ditujukan kepada semua siswa SMA dan SMK yang memiliki kartu pelajar aktif Kota Yogyakarta. Untuk lebih lanjutnya bisa cek di media sosial  Instagram, Tiktok dan Facebook milik Kesbangpol," tambah Widiyastuti. (Chi)