Sulih Pulih Luwih Semangat Warga Menuju Normal dan Kondusif

GONDOKUSUMAN- Peluncuran dan pemasangan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja dimulai pada Sabtu (1/10/2022) malam di kawasan Jembatan Kleringan bantaran Sungai Code. Logo berbentuk gunungan itu pada tahun ini  membawa semangat Sulih Pulih Luwih. Peluncuran logo juga menandai rangkaian kegiatan HUT ke-266 Kota Jogja dimulai.

Peluncuran logo HUT ke-266 Kota Jogja dilaksanakan serentak di Yogyakarta dan Jakarta dalam kegiatan Pesona Nusantara oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X. Di Kota Yogyakarta peluncuran  dilakukan oleh Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya dengan menekan tombol untuk menyalakan lampu logo HUT ke-266 Kota Jogja yang dipasang di atas Jembatan Kleringan.

“Pada malam hari ini kami berada di pinggir Sungai Code ,tepatnya di Jembatan Kleringan kami telah menindaklanjuti launching logo Ulang Tahun Yogyakarta ke 266. Ini adalah bagian awal dari rangkaian Ulang Tahun Yogyakarta ke-266, mudah-mudahan Yogyakarta menjadi lebih baik di masa mendatang,”  kata Aman saat video telekonferensi dengan para peserta kegiatan peluncuran logo di Jakarta.

 Logo HUT ke-266 Kota Jogja yang berupa gunungan terdiri dari beberapa  elemen, yakni motif flora hijau, motif lengkung emas, ornamen umpak joglo,  lengkung emas, ulir tugu, dan ekor garuda. Elemen-elemen itu mewakili berbagai unsur yang menjadi pondasi dalam pembangunan di Kota Yogyakarta. Secara filosofis, logo tersebut menunjukkan bahwa cita-cita pembangunan Kota Yogyakarta hanya dapat diwujudkan dengan kemanunggalan antara pemimpin dan masyarakat.

Sedangkan tema Sulih Pulih Luwih dimaknai dari kondisi Kota Yogyakarta saat ini yang berhasil melewati pandemi dengan fase lebih baik. Tema Sulih Pulih Luwih diambil dari bahasa Jawa. Sulih berarti berpindah dan beradaptasi dalam keadaan baru yang lebih baik, pulih berarti sembuh, dan luwih berarti berkembang menjadi lebih baik. Sulih Pulih Luwih menunjukan semangat tekad bersama bangkit menuju pada situasi normal dan kondusif.

“Dalam logo ini ada temanya Sulih Pulih Luwih. Artinya dengan menancapkan logo ini kita memulai rangkaian ulang tahun Jogja ke 266. Dengan semangat Sulih Pulih Luwih menjadi bagian dari semangat seluruh masyarakat Kota Yogyakarta untuk menjadi Lebih baik di masa mendatang,” terang Aman.

Tidak hanya di Jembatan Kleringan, logo HUT ke-266 Kota Jogja juga dipasang di Jembatan Gondolayu dan Jembatan Sayidan. Peluncuran logo HUT ke-266 Kota Jogja itu juga ditayangkan secara live streaming melalui Youtube YKTV.

Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja. Masyarakat diajak untuk berpartisipasi menyemarakan kegiatan peringatan HUT Kota Jogja tahun 2022. Setidaknya ada 14 jenis acara rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-266 Kota Jogja dimulai pada 1-9 Oktober 2022 di antaranya pertunjukan seni budaya, karnaval pelajar dan puncaknya Wayang Jogja Night Carnival. (Tri)