Semangat Ribuan Pesepeda Semarakkan Yogowes

Umbulharjo - Semarak HUT Kota Yogyakarta ke-266 telah dimulai. Serangkaian acara terus digelar menyambut puncak HUT Kota Yogyakarta. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta mengadakan acara Yogowes dan Gelar Pelajar Pemuda yang dilakukan di komplek Balaikota Yogyakarta, Minggu (2/10) pagi.

Masyarakat sangat berantusias untuk mengikuti acara Yogowes ini, hal ini terlihat dari jumlah peserta yang melebihi target yang sebelumnya direncanakan oleh Pemkot Yogyakarta.

“Jumlah yang hadir pada hari ini ada sekitar 5.000 peserta, ini di luar ekspektasi karena pada sebelumnya kami hanya menargetkan 2.500 peserta,” ucap Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi pada sambutannya.

Ini menunjukkan masyarakat memiliki semangat dan tekad untuk membangun Kota Yogyakarta kembali setelah dilanda pandemi beberapa waktu lalu dan kini siap pulih kembali senada dengan tema HUT Kota Yogyakarta ke-266 yaitu “Sulih Pulih Luwih”.

“Diharapkan dengan semangat ini, kita mampu lebih cepat untuk pulih membangun Kota Yogyakarta dari aspek ekonomi, sosial, pendidikan dan aspek lainnya. Mudah-mudahan nanti kita bisa bangkit bersama untuk membangun kota Yogyakarta,” imbuh Sumadi.

Para pesepeda memulai Yogowes dari Balaikota dengan rute menyusuri tempat-tempat bersejarah di Kota Yogyakarta seperti Heritage Kotabaru, Tugu Pal Putih, Malioboro, Titik Nol Kilometer, Alun-Alun Utara hingga kembali ke Balaikota.

Setelah menempuh jarak belasan kilometer, para peserta Yogowes dihibur oleh penampilan-penampilan dari para pelajar Kota Yogyakarta. Di antaranya nyanyian tunggal dari Divana Fortuna Deduanto, siswi dari SD Negeri Ungaran, Tarian Jaranan dari siswa SD Negeri Lempuyangwangi, Pantomin dari siswa-siswi SD Muhammadiyah Nitikan, Tarian Obah Gerabah dari SMPN 5 Yogyakarta dan Tari Wira Wanodya yang ditampilkan oleh siswi SMPN 8 Yogyakarta.

Acara Yogowes diakhiri dengan pengundian doorprize. Pengundian dilakukan secara langsung oleh Penjabat walikota Yogyakarta, Sumadi dan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya. Doorprize yang dibagikan berupa setrika, magic com, kipas angina hingga hadiah utama yaitu enam unit LED TV dan sembilan unit sepeda. (Wul)