Saguh Jaya Festival #2, Ajak Warga Melestarian Seni Budaya

 


Mergangsan - Dalam rangka memperingati HUT Ke-62 Karang Taruna Kelurahan Brontokusuman Kemantren Mergangsan menggelar 'Saguh Jaya Festival #2' Minggu (2/10) di Halaman Museum Perjuangan Yogyakarta. Kegiatan ini sekaligus memperingati HUT Ke-266 Kota Jogja. Saguh Jaya Festival setiap tahunnya rutin diadakan, namun sempat terhenti dua tahun lamanya akibat Covid-19. Diharapkan kegiatan ini sebagai upaya pelestarian budaya lewat pentas seni yang sebagian besar pengisi acara diisi oleh warga sekitar. 

Sekretaris Dinas Sosial Kota Yogyakarta RR Sutini Sri Lestari mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud bentuk partisipasi aktif langsung masyarakat serta generasi muda dalam mengembangkan seni budaya melalui pentas seni.

Ia mengungkapkan kegiatan seperti ini terus dilakukan terutama untuk regenerasi agar seni budaya terus di lestarikan. ''Saya yakin bahwa Karang Taruna Saguh Jaya Brontokusuman tentu sangat siap, mampu dan sanggup atau saguh untuk mendukung misi Kota Yogyakarta yaitu meningkatkan kesejahteraan, memperkuat ekonomi kerakyatan serta memperkuat moral, etika dan budaya masyarakat," ujarnya.

Pihaknya berharap Karang Taruna Kota Yogyakarta terus mendukung pemerintah dengan semua program yang dilakukan agar menjadikan lingkungan Kota Yogya yang nyaman huni. ''Kita masih beradaptasi sesuai perkembangan jaman, bangkit dari efek pandemi Covid-19, serta terus bersemangat agar Kota Yogyakarta terus menjadi lebih baik, lebih sempurna di masa mendatang,”jelasnya.

Ketua Karang Taruna Saguh Jaya Brontokusuman Muhammad Iqbal Hardiyan mengatakan, kegiatan tahun ini mengajak seluruh warga Kota Yogyakarta untuk mengikuti lomba menggambar yang diikuti oleh paud, TK dan SD. Sementara untuk lomba mewarnai diikuti siswa SD di Kota Yogyakarta.

"Alhamdulillah walau cuaca sempat hujan tetapi tetap bersemangat menyambut HUT Kota Jogja dan HUT Karang Taruna Saguh Jaya Brontokusuman. Semoga ke depannya lebih baik dan terus melakukan pelestarian budaya terutama di wilayah Brontokusuman," jelasnya. 

Sementara Ketua Panitia Nugrahadi Wicaksana mengatakan, selain diadakan lomba kegiatan ini dimeriahkan dengan menghadirkan guest star yakni 'Om Wawes' yang salah satu personilnya merupakan warga Kemantren Mergangsan. Selain itu kegiatan ini juga merupakan peringatan satu dekade 'Om Wawes'. 

Hal ini membuktikan bahwa banyak seniman yang ada di Kota Yogyakarta. "Antusiasnya sangat melebihi ekspetasi kami. Banyak anak muda yang datang dan ikut meramaikan acara ini. Harapan ke depannya Saguh Jaya Festival lebih baik lagi dan menjadi parameter Karang Taruna di Kota Yogyakarta khususnya didaerah Kelurahan Brontokusuman Kemantren Mergangsan," katanya. (Hes)