Antusiasme Karnaval Pelajar Tampilkan Baju Daur Ulang Hingga Pakaian Nusantara

Gondokusuman – Para pelajar di Kota Yogyakarta antusias menymbut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja dengan mnegikuti Gelar Karnaval Pelajar Kota Yogyakarta yang berlangsung sejak 3-6 Oktober 2022. Mereka memanfaatkan berbagai macam bahan dan aksesoris untuk menambah kemeriahan. Seperti yang dilakukan siswa-siswi SMP N 5 Yogyakarta yang mengusung tema Pelajar Pancasila dengan menampilkan berbagai baju adat nusantara dan mancanegara, baju spektakuler dan baju bahan daur ulang pada Selasa (4/10).

Kepala SMP N 5 Yogyakarta Siti Arina Budiastuti menjelaskan dengan acara ini dijadikan wadah untuk memngembangkan potensi akademis dan non akademis para pelajar menjadi profil pelajar Pancasila. Diharapkan dengan acara ini dapat menumbuhkan kepekaan jiwa sosial, kepedulian kepada sesama dan mempererat tali persaudaraan antara siswa, guru, alumni dan lingkungan.

“SMP N 5 Yogyakarta menggelar karnaval pelajar mengajak dengan seluruh siswa dengan rombongan 30 kelas sejumlah 938 siswa. Selain itu juga mengajak seluruh guru dan karyawan,” ujar Siti Arina.

Karnaval Pelajar SMP N 5 Yogyakarta dibuka dengan tarian menampilkan bregodo, andong hias, pakaian adat dari seluruh Indonesia seperti busana jawa gagrak Jogja, adat Papua, adat Kalimantan Timur dan pakaian adat Bali payas agung beserta ogoh-ogohnya.

Para pelajar SMP N 5 Yogyakarta juga memamerkan pakaian daur ulang, seperti pakaian dari ‘klobot’ kulit jagung yang sudah kering, sisa kain batik dan pakaian dari koran bekas. Selain itu juga terdapat pakaian khas dari beberapa negara salah satunya pakaian tradisional Jepang dan pakaian tradisional Cina.

“Dengan dukungan orang tua yang hebat, anak-anak akan tumbuh dan mencintai tanah air,” terang Siti Arina.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta Budi Agus Santosa menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi kepada para pelajar untuk mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pendidikan untuk para pelajar dengan mempelajari sejarah tentang Kota Yogyakarta.

 “Kegiatan Karnaval Pelajar ini dilaksanakan secara serempak dan bergantian sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Karnaval ini tidak terfokus pada titik tertentu, jadi di setiap sekolah akan menjadi tempat start dan finish hingga tanggal 6 Oktober 2022,” jelas Budi.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengucapkan apresiasi kepada SMP N 5 Yogyakarta atas partisipasi yang luar biasa dalam menyambut HUT Kota Jogja ke-266. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun greget Kota Yogyakarta.

“Dimulai dari perayaan HUT Kota Jogja ke-266, Pemerintah Kota Yogyakarta berharap kegiatan ini menjadi bagian membangun komitmen pendidikan yang semakin baik di Kota Yogyakarta. Dengan tema pakaian adat khas dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia bisa meningkatkan rasa cinta akan budaya Indonesia dan membentuk pelajar Pancasila,” ujar Aman.