Flash Mob Beksan Wanara Meriahkan Karnaval Pelajar Kota Yogya

 

Kebahagiaan telah dirasakan masyarakat Kota Yogyakarta dalam menyambut HUT Ke-266 Kota Jogja pada tanggal 7 Oktober 2022. Salah satunya yang dilakukan SMP Negeri 9 Yogyakarta dengan mengadakan karnaval budaya pelajar yang diikuti oleh 600 orang siswa Selasa (4/10). Tak hanya itu, siswa siswi ini juga melakukan flash mob 'Beksan Wanara' di perempatan Gedongkuning Yogyakarta.

Ratusan siswa siswi ini dengan semangat dan penuh kebahagiaan mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak 08.00 WIB pagi tadi. Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Yogyakarta Sugiharjo mengatakan, karnaval budaya pelajar ini diharapkan dapat memberikan pelajaran bagi siswa siswi SMP Negeri 9 Yogyakarta bahwa Kota Yogya kental dengan budaya.

"Selamat HUT Ke-266 Kota Jogja semoga anak-anak dapat mengenang dan melestarikan budaya di Kota Yogyakarta lewat karnaval budaya. Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi kelas 7,8, dan 9," ujar Sugiharjo.

Dengan memakai pakaian khas seperti berkebaya, baju petani ataupun baju bergodo, siswa siswi melakukan karnaval start dimulai dari SMP Negeri 9 Yogyakarta. Mereka beriringan menuju perempatan Gedongkuning untuk melakukan flash mob Tarian 'Beksan Wanara' yang sering disebut tari kethekan merupakan tarian klasik Keraton Yogyakarta. Tari Beksan Wanara bercerita tentang perang tanding antara Sugriwa dan Subali pada cerita Ramayana.

Hal ini juga sebagai Implementasi kurikulum merdeka belajar sebagai bentuk fasilitasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang ditujukan kepada Ibu bapak guru, para kepala sekolah, kepala madrasah, dan kepala PKBM dalam mempersiapkan keterlibatannya pada Kurikulum Merdeka pada tahun ini hingga ke depanya.

 ''Ini juga sebagai pemahaman Implementasi Kurikulum Merdeka kepada siswa siswi kami. Saya berharap semua berjalan lancar dan Kota Yogyakarta semakin istimewa," jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, sangat berterima kasih atas perhatian siswa dan guru yang mengikuti karnaval budaya ini. Ia berharap seni budaya terus di tanamkan terutama pada lingkungan sekolah.

''Terimakasih atas perhatiannya sehingga semua bisa berkumpul hari ini dan mengikuti karnaval pelajar. Sukses dan lancar kegiatannya," ujarnya.

Sementara salah satu siswa kelas 7 SMP Negeri 9 Yogyakarta Kiara mengatakan, sangat senang mengikuti kegiatan ini. Walaupun sore hingga malam kemarin menyiapkan pernak pernik untuk kegiatan hari ini.

"Senang sekali harinya memuaskan, karnaval nya juga meriah. Sudah mempersiapkan kostum, gunungan ini hasil kreativitas teman-teman. Semoga tahun depan acara seperti ini ada lagi supaya bisa kumpul dengan teman-teman lainnya," jelasnya (Hes)