Sekati Ing Mall#2 di Lippo Plaza Hadirkan Festival Kuliner Legendaris

Gondokusuman -- Sekati Ing Mall kembali berlangsung di tiga pusat perbelanjaan di Kota Yogyakarta, yaitu di Galeria Mall, Malioboro Mall, dan Lippo Plaza dalam rangka HUT ke-266 Kota Yogya yang dibuka pada Rabu (5/10). Acara yang digelar hingga 10 Oktober 2022, diharapkan mampu membantu pemulihan dan penguatan ekonomi pelaku UMKM. Selain itu, Sekati Ing Mall di Lippo Plaza menghadirkan festival kuliner yang menarik dan menggugah selera.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta, Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, S.H., M.Si., mengatakan, sebanyak 80 UMKM yang ada di Kota Yogyakarta digandeng untuk ambil bagian dalam kegiatan ini. Salah satunya ada 10 UMKM yang mengisi stand kuliner Sekati Ing Mall di Lippo Plaza Yogyakarta.

Tri menuturkan, bahwa UMKM merupakan pahlawan perekonomian di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik.

“Perekonomian kota Yogyakarta yang sempat ada di minus 2,59, alhamdulillah berkat pahlawan UMKM ini perekonomian sudah tumbuh siginifkan positif menjadi 5,29, dan kemudian kita tangkap momentum tersebut melalui Sekati ing Mall#2.” cetusnya.

Dalam acara tersebut, terdapat kurang lebih 10 stand kuliner yang dipamerkan di halaman depan Lippo Plaza Yogyakarta. Ada berbagai macam kuliner seperti sego soun, lasagna, zuppa soup, dimsum, jus buah, sambal kering dan keripik kentang, aneka jamu, pasta, siomay ikan, artisan cheese, dan risol mayo.

Selain stand UMKM, acara Sekati Ing Mall#2 turut dimeriahkan tari edan-edanan, bergada dan gunungan yang berisi berbagai macam kerajinan tangan khas Kota Yogyakarta serta isinya diperebutkan oleh pengunjung. Momen tersebut juga merupakan wujud semarak perayaan sekaten yang dibawa ke pusat perbelanjaan modern.

Salah satu pelaku UMKM dari Sentra Jajanan Pasar Prawirodirjan, Westri Ika menuturkan bahwa adanya Sekati Ing Mall#2 ini sebagai salah satu penyemangat para pelaku UMKM.

“Sangat senang karena dapat fasilitas untuk kita bisa menampilkan produk-produk kami dan untuk menambah pendapatan kami, kalau bisa ke depannya sering diadakan event seperti ini” ujarnya. (Dit)