Pengisian JPT Sangat Baik, KASN Berikan Penghargaan kepada Pemkot Yogya

Sleman-Pemerintah Kota Yogyakarta kembali meraih penghargaan nasional. Kali ini Pemkot Yogya menerima anugerah dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai Pemerintah Kota dengan kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi kategori sangat baik tahun 2021.

Pada penghargaan kali ini, untuk kategori Pemerintah Kota yang mendapatkan predikat sangat baik hanya Pemkot Yogya dan Pemkot Tangerang.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto kepada Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya di Royal Ambarukmo, Kamis (06/10/2022).

Ketua KASN, Agus Pramusinto mengatakan penghargaan tersebut diberikan atas kepatuhan dan kualitas tata kelola seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang dilakukan oleh Pemkot Yogyakarta.

"Penghargaan ini untuk memberikan apresiasi atas komitmen dan prestasi kinerja instansi pemerintah yang telah menerapkan sistem merit dalam pengisian JPT melalui seleksi terbuka sebagaimana diamanatkan UU-ASN," katanya.

Selain itu, KASN juga menilai pelaksanaan seleksi terbuka di Kota Yogyakarta selama ini sudah sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Sesuai hasil penilaian KASN terhadap pola pengisian JPT ditiap kota/kabupaten. Utamanya memastikan terlaksananya sistem merit dalam pengisian JPT secara transparan, adil dan kompetitif," bebernya.

Hal ini, lanjutnya, juga dipertegas kembali sesuai amanat UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Pihaknya berharap pemberian penghargaan ini dapat memberikan motivasi bagi instansi pemerintah di Indonesia untuk terus meningkatkan penerapan sistem merit, terkhusus dalam pengisian JPT.

Ditemui usai menerima penghargaan, Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengatakan sangat bersyukur Pemerintah Kota Yogyakarta bisa meraih anugerah dari KASN.

Menurutnya, penghargaan ini harus dapat di pertahankan, hal tersebut juga untuk membuktikan penempatan jabatan di Pemkot Yogyakarta sudah sesuai prosedur yang ada.

“Penghargaan ini kita raih karena konsistensi Pemkot Yogya dalam menerapkan regulasi terkait dengan penempatan jabatan di struktur Pemkot Yogyakarta,” jelasnya.

Aman berharap penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi seluruh ASN yang ada di Pemkot Yogya agar para ASN senantiasa meningkatkan integritas dan kapasitas dan kemampuan dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan juga pelayanan. (Han)