Pemkot Yogya-Kabupaten Padang Pariaman Jalin Kerja Sama   

KOTAGEDE- Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sepakat menjalin kerja sama. Hal itu ditunjukan dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) tentang kerja sama penyelenggaraan urusan pemerintah di daerah antara Pemkot Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menyambut baik atas kesepakatan bersama yang ditandatangani antara Pemkot Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Termasuk penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar.

“Yogyakarta siap bersinergi kepada daerah-daerah lain untuk mari kita bangkit bersama untuk kita bangun bersama,” kata Sumadi usai penandatanganan kesepakatan bersama Pemkot Yogyakarta dengan Kabupaten Padang Pariaman di Restoran Sekar Kedhaton, Kamis (6/10/2022) malam.

Sumadi menyampaikan Kota Yogyakarta mempunyai keunggulan pada sektor pariwisata, budaya dan pendidikan. Sumber daya di Kota Yogyakarta, sebagian besar di bidang pariwisata. Namun menurutnya pariwisata tidak hanya sebatas pariwisata. Tapi dengan pariwisata berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sehingga pertumbuhan ekonomi tetap positif dan bisa bangkit selama pandemi.

"Teman-teman dari luar (kota) menyampaikan Yogya punya keunggulan wisata dan budaya. Kami bisa berbagi (belajar bersama). Kami siap kepada siapa pun. Prinsip kami tidak pelit. Mari kita perlu  bersama-sama karena ini untuk bangsa Indonesia,” terangnya.

Selain itu berbagai kegiatan diadakan untuk menarik wisatawan. Termasuk rangkaian kegiatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta diharapkan bisa menarik wisatawan. Pihaknya memperkirakan selama rangkaian HUT ke-266 Kota Yogyakarta bisa menarik sekitar 1 juta wisatawan.

“Pada tahun ini (peringatan HUT) juga disemarakan karena kondisi Covid-19 sudah melandai. Kami mencoba bangkitkan kembali kondisi kita untuk lebih baik maka tema HUT Kota Yogya tahun ini sulih pulih luwih,” papar Sumadi.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Walikota Yogyakarta dan jajaran Pemkot Yogyakarta dengan adanya penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Penandatanganan kesepakatan bersama itu adalah tindak lanjut dari kunjungan awal Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman ke Pemkot Yogyakarta.

“Tujuan MoU, ini kami ingin belajar bagaimana mengelola para pelaku usaha, pelaku UMKM dan langkah-langkah untuk menarik wisatawan. Oleh sebab itu langkah pertama kita dalam waktu dekat, akan kirim beberapa anak muda ke Yogyakarta untuk belajar meningkatkan kreativitas dan belajar apa yang selama ini baik di Yogyakarta,” terang Suhatri Bur.

Dalam kesempatan itu juga ada penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar. Kegiatan itu juga dilaksanakan bersamaan dengan welcome dinner Jogja Famtrip 2022 bagi para influencer yang diundang Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk mempromosikan wisata Yogyakarta. Termasuk kegiatan Wayang Jogja Night Carnival.

“Harapannya dengan kerja sama ini ke depan kedua belah pihak bisa meningkatkan pariwisata agar secepatnya bisa pulih Sedangkan kegiatan Jogja Famtrip ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata Kota Yogyakarta dan even wisata unggulannya, sehingga sengaja diselenggarakan pada masa rangkaian HUT ke-266 Kota Jogja,” tandas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko.(Tri)