Klara Cara Belajar Aksara Jawa dengan Asyik

Mantrijeron-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berkomitmen dalam mengenalkan budaya Jawa kepada anak.

Berbagai carapun dilakukan, salah satunya dengan dengan Kelas Literasi Aksara Jawa (Klara) milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta.

Pelakasana tugas (Plt) Kepala DPK Kota Yogyakarta, Suryatmi mengatakan Klara menjadi salah satu layanan berbasis budaya dari DPK Kota Yogyakarta. 

"Kegiatan Klara angkatan pertama dilaksanakan perdana pada tanggal 11 Oktober 2022 sampai 1 November 2022, kelas ini ada tiap hari Selasa pukul 14:00 WIB hingga 15:00 WIB," bebernya, Rabu (12/10/2022)

Kegiatan Klara perdana yang diikuti oleh siswa sekolah dasar serta menengah pertama ini di gelar di Ruang Rebekka perpustakaan PEVITA Kota Yogyakarta, Mantrijeron.

Dalam pelaksanaannya Klara secara intensif dipandu oleh pustakawan andalan DPK Kota Yogyakarta. "Target dari kegiatan ini adalah peserta mampu menulis dan membaca teks sederhana aksara jawa," jelasnya.

Suryatmi mengungkapkan aksara jawa saat ini mulai digaungkan oleh pemerintah melalui Perda DIY Nomor 2 Tahun 2021 tentang pemeliharaan dan pengembangan bahasa, sastra dan aksara jawa.

"Untuk itu Klara ini sangat penting dilaksanakan oleh perpustakaan. Selain untuk menjalankan fungsi informasi dan kultural, Klara menjadi wahana mengenalkan dan mempertahankan budaya Jawa kepada anak," bebernya.

Sementara itu Pustakawan DPK Kota Yogyakarta, Sumaryanto menjelaskan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode berbasis aktifitas yang menyenangkan.

"Sehingga memudahkan anak dalam memahami materi. Adapun materi yang diberikan meliputi aksara nglegena, sandangan swara, sandangan panyigeg wanda, sandangan wyanja, aksara pasangan," jelasnya. 

Bagi siswa yang tertarik mengikuti kelas ini dapat mendaftar melalui nomor 081226839100. DPK Kota Yogyakarta hanya membatasi 15 orang, layanan ini juga tidak dipungut biaya alias gratis. (Han)