Layanan Kependudukan Digital Kota Yogya Jadi Perhatian Daerah Lain

Umbulharjo – Pemerintah Kota Yogyakarta menerima studi lapangan peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II Angkatan XI Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Ruang Yudistira Balaikota Yogyakarta, Rabu (12/10). Rombongan diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya yang dilanjutankan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta dan Rumah Sakit Umum Kota Yogyakarta. 

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Majerial Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat Ucup Yusup menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Yogyakarta atas kesediaan dan berkenan menerima rombongan studi lapangan PKN) tingkat II Angkatan XI Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami berharap melalui studi lapangan ini ada proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik serta terjalin kerjasama dan silaturahmi yang semakit kuat antara Provinsi Jawa Barat dan Kota Yogyakarta,” terang Yusup.

Dalam sambutannya Aman Yuriadijaya menyampaikan rasa bahagia dan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Yogyakarta menjadi salah satu tempat untuk kunjungan studi lapangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Kota Yogyakarta itu kota yang kecil namun penuh dengan dinamika. Dalam menjalankan pemerintahan di Kota Yogya tentunya harus menikmati setiap prosesnya dan tidak lepas dari komitmen bersama untuk menghormati setiap proses dalam mencapai tujuan,” tambahnya.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki menjelaskan layanan Dindukcapil Kota Yogya telah terintegrasi dan bisa diakses oleh warga Kota Yogyakarta berdasarkan jenis layanan kependudukan pada aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Ada layanan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Permohonan KTP serta Pemutakhiran Data Perkawinan.

"Layanan kami yang berada Mal Pelayanan Publik sepi dalam arti tidak ada penumpukan antrian menjadi parameter keberhasilan kami dalam melakukan pelayanan secara digital," ungkap Septi.

Dindukcapil Kota Yogya bekerja sama dengan perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta hingga ke wilayah. Oleh karena itu, pelayanan tatap muka tidak mengalami penumpukan antrian.  "Kami memiliki inovasi Layanan Kado Ananda yaitu Kerjasama Layanan Dokumen Akta Kelahiran Anak Di Jogja, dimana penduduk Kota Yogyakarta yang melahirkan di Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan yang berada di wilayah Kota Yogyakarta dapat melakukan permohonan dokumen administrasi kependudukan. Pemohon akan mendapatkan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) yang baru dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi bayi," jelas Septi.

Selain itu, Dindukcapil Kota Yogya memiliki layanan drive thru yaitu pelayanan cetak KTP Elektronik khususnya KTP-E yang hilang ataupun rusak langsung di atas kendaraan. Untuk pelaksanaan layanan ini dilakukan di salah satu kemantren di Kota Yogya secara terjadwal.

"Kami telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat oleh karena karena itu berbagai inovasi diciptakan bertujuan untuk memudahkan dan memberikan pelayanan yang memuaskan untuk masyarakat," ujarnya.