Rencana Kerja Pemkot Yogya Selaras dengan Tema  Pembangunan DIY

Umbulharjo – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengikuti dialog bertajuk Jogja di Masa Depan secara daring, dengan dihadiri Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudyatmoko, Sekretaris Daerah (Sekda) Yoyakarta Aman Yuriadijaya, beserta Kepala OPD dan jajarannya, pada Jumat (15/10) di Ruang Bima Balai Kota Yogyakarta.

Kegiatan Dialog Jogja Masa Depan juga dilakukan secara luring di Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Dengan menghadirkan empat narasumber yaitu Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono, Plt. Asisten Sekda Bidang Pengembangan Sumber Daya Aris Eko Nugroho, Penghageng KHP Datu Dana Suyasa Keraton Yogyakarta GKR Mangkubumi, dan Penghageng Pambudidaya Kadipaten Pakualaman KPH Kusumoparastho.

Dialog Jogja Masa Depan secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Dalam sambutannya, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa seluruh elemen masyarakat DIY sangat bersyukur rangkaian proses penetapan kepala daerah DIY dapat terlaksana dengan lancar dan tepat waktu.

"Kita patut bersyukur agenda lima tahunan bisa terlaksana dengan lancar dan tepat waktu sejak persiapan sampai penetapan yang didahului pembacaan visi misi Gubernur dalam rapat paripurna DPRD DIY," jelasnya.

Kadarmanta Baskara Aji juga berpesan agar para peserta kegiatan, yaitu perwakilan pemerintah kalurahan, kecamatan, kabupaten dan kota, maupun masyarakat umum untuk menyampaikan ide dan sumbang saran untuk mendukung terwujudnya visi misi kepala daerah yang sudah disampaikan dalam rapat paripurna.

“Guna menjaring aspirasi masyarakat, demi terealisasinya visi misi kepala daerah, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta KGPAA Paku Alam X yang baru saja dilantik kembali untuk mengisi jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027, tentu masukan akan menjadi bahan dalam rangka menyusun RPJMD atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2022-2027," terangnya.

Dalam rangkaian acara Dialog Jogja Masa Depan juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, yang juga diikuti oleh kepala daerah lain di tempat masing-masing, termasuk Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi, dengan didampingi Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudyatmoko.

Pada kesempatannya, Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Pakualam X, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Periode 2022 – 2027.

“Kami menghaturkan Mangayubagyo atas pelantikan Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Pakualam X, pada Senin 10 Oktober 2022 yang lalu, oleh Bapak Presiden Joko Widodo di Istana Negara,” ucapnya.

Pemkot Yogyakarta dalam perwujudan visi dan misinya, lanjut Sumadi, melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, selalu diupayakan selaras dengan tema pembangunan DIY, termasuk dengan visi misi kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubenur yang tertuang dalam RPJMD DIY 2022-2027.

“Visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Periode 2022-2027 ini, kiranya juga menjadi pedoman bagi arah pembangunan Kota Yogyakarta, seiring dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya juga telah menjadi nilai-nilai yang dimiliki oleh masyarakat Kota Yogya,” tutupnya. (Jul)